0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perkuat Pertahanan, TNI Bangun Dua Pangkalan Udara

merdeka.com
ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Pulau terluar di wilayah Indonesia perlu diawasi. Kementerian Pertahanan sedang membangun sarana dan prasarana pangkalan udara di pulau terluar, termasuk Kepulauan Natuna dan Kupang.

“Jadi sekarang itu karena situasi dan kondisi wilayah itu perlu adanya penanganan dan kewaspadaan dari negara,” kata Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal Agus Supriatna, Sabtu (23/7).

Kendati begitu, kata dia, pesawat tempur milik TNI AU akan bergantian untuk melakukan persiapan jika wilayah pulau terluar ada masalah. Selain itu, alasan Kepulauan Natuna dan Kupang yang dipilih sebagai pembangunan pangkalan udara karena wilayah keduanya pulau terluar.

Namun hal itu, kata dia, bukan termasuk konflik Laut China Selatan yang sedang memanas.

“Kita tidak bisa mengatakan karena itu (konflik Laut China Selatan) ya, karena effort pesawat-pesawat tempur digerakkan tidak hanya menangani yang kecil-kecil ya, yang utama itu yang bernilai strategis,” kata dia.

Sementara mengenai alutsista, ia berkata rencana strategis TNI AU 2015-2019 akan cepat terlaksana karena pemerintah memberikan keluasaan terhadap yang dibutuhkan TNI AU.

“Kalau terlaksana ya pengawasan pertahanan udara bisa dilaksanakan walaupun belum maksimal tapi mewadahi. Ya dalam renstra TNI itu ada pergantian F-5 dan upgrade yang kami miliki terutama pesawat hercules upgrade kemampuan untuk mendukung pelaksanaan TNI AU,” tandasnya.

[eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge