0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Solo Raih Adipura, Walikota: Kita Tidak Pernah Minta

dok.timlo.net/daryono
Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo membantah keberhasilan Pemkot Solo meraih penghargaan Adipura karena faktor kedekatan dengan pemerintah pusat. Ia menegaskan penghargaan itu merupakan buah dari kerja keras Pemkot. Pernyataan tersebut disampaikannya untuk menanggapi komentar DPRD Solo yang sinis terkait perolehan Adipura.

Lha wong kita tidak pernah minta penghargaan kok. Kita diberi ya kita terima. Mereka (DPRD) bilang begitu kan karena mereka tidak melaksanakan. Yang melaksanakan kita,” kata Rudy –sapaan akrab Walikota Solo, Jumat (22/7).

Menurutnya, Solo mendapat penghargaan karena berhasil mengatasi masalah pencemaran dan sampah dengan baik. Salah satu program unggulannnya adalah pembongkaran 53 TPS dari 58 TPS yang ada di Solo. Bahkan Solo telah memiliki rencana jangka panjang terkait pengelolaan sampah.

“Dengan dihapuskanya TPS, air tanah tidak akan tercemar limbah berbahaya. Apalagi nanti kalau PLTSa (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah) di Putri Cempo sudah berjalan, sampah nggak jadi masalah lagi,” terangnya.

Sebelumnya diberitakan kalangan legislatif menanggapi sinis keberhasilan Solo meraih penghargaan Adipura Kirana setelah 15 tahun gagal menyabetnya. Menurut Ketua Fraksi Demokrat Nurani Rakyat Supriyanto, perolehan Adipura bukan karena keberhasilan Solo mengelola sampah. Hanya saja secara politis, Kota Solo diuntungkan karena Presiden Joko Widodo berasal dari Solo.

“Pernah kita konsultasi ke Kementerian, Dirjen-nya gojek (berkelakar) kalau pengen piala ya tinggal ambil saja,” ujar Supriyanto.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge