0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wajib Pajak Diminta Manfaatkan Tax Amnesty

dok.timlo.net/setyo pujis
Kepala Kanwil DJP Jateng II, Lusiani (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jendral Pajak (DJP) Jateng II, menghimbau wajib pajak agar dapat segera memanfaatkan program pengampunan pajak atau tax amnesty. Pasalnya dengan adanya program itu, wajib pajak (WP) yang segera melapor akan mendapatkan keringanan uang tebusan.

“Pada teriwulan pertama ini, bagi wajib pajak yang mengikuti program tax amnesty berkesempatan mendapat keringanan uang tebusan. Karena mereka hanya diminta untuk membayar 2-5 persen,” ujar Kepala Kanwil DJP Jateng II, Lusiani kepada wartawan, Jumat (22/7).

Untuk dapat memanfaatkan program itu, menurutnya WP yang bersangkutan hanya diminta untuk datang langsung ke KPP Pratama tempat wajib pajak terdaftar. Di sana pihaknya sudah menyiapkan petugas yang akan memberikan informasi secara detail, mulai dari pengisian dokumen hingga syarat yang harus dipenuhi.

“Dengan adanya program itu, diharapkan para WP bisa mendeklarasikan harta yang selama ini belum dilaporkan SPT Tahunannya. Terlebih konsekuensi uang tebusan yang dibayar juga lebih rendah dari yang berlaku pada umumnya,” jelas dia.

Menurutnya, Kanwil DJP Jateng II tidak menargetkan berapa jumlah anggaran uang tebusan atau WP yang akan memanfaatkan program itu. Karena selama ini tidak ada data pasti, mengenai berapa yang melakukan pengemplangan pajak.

Dijelaskan, data secara nasional, hingga Kamis (21/7) jumlah yang memanfaat program tax amnesty sudah mencapai 23 WP. Dari jumlah itu harta yang dilaporkan mencapai Rp 390 miliar.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge