0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Keunggulan Varietas Jambu Madu Hijau

foto: Setyo
Imam Murod (foto: Setyo)

Boyolali – Buah dan bibit dari varietas unggulan asal Sumatera Utara, Jambu Madu Hijau (Jamahi) banyak digandrungi masyarakat. Tingginya animo tersebut, karena buah lokal Jamahi memiliki banyak keunggulan daripada varietas lainnya.

“Tingginya permintaan itu, karena varietas Jamahi memiliki banyak keunggulan. Yaitu termanis, termudah dan terlebat. Cara penanamannya pun tidak membutuhkan banyak lahan, karena bibit yang dijual merupakan jenis tabulampot,” ujar pemilik dan sekaligus pedagang bibit Jamahi Kraton, Imam Murod kepada Timlo.net, Jumat (22/7).

Karena tingginya permintaan tersebut, dalam sebulan ia mengaku bisa menjual sedikitnya seribu bibit. Pasarnya pun cukup luas, bahkan sudah tersebar ke berbagai daerah di seluruh Indonesia. Hal itu karena Jamahi sudah diakui oleh Menteri Pertanian sebagai varietas unggulan buah lokal.

“Kemanisan Jamahi ini cukup tinggi atau mencapai 13-14,5 brix, meski tingkat kematangannya 20-30 persen. Bahkan keuntungan bagi petani cukup menggiurkan, mengingat harga buahnya mencapai Rp 40-50 Ribu per kilogram,” jelasnya.

Dalam kebun miliknya dengan luas 2.500 meter itu, Imam memiliki jumlah indukan 500 pohon dan bibit siap jual 2.000 pohon. Untuk harganya dijual bervariasi antara Rp 50 Ribu-1,5 Juta, tergantung dari umur bibit. Sedangkan buahnya dijual Rp 35 Ribu per kilogram, dengan harga itu konsumen sudah dipersilahkan untuk memetik langsung.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge