0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Bagikan Belasan Sertifikat Tanah

Solo – Pemerintah Kota Solo menyerahkan sertifikat tanah kepada warga yang tinggal di RT 3 dan 5 RW 11, Mutihan, Laweyan, Jumat (22/7). Rumah-rumah tersebut berada di tepi Kali Jenes. Program sertifikasi rumah itu merupakan bagian dari upaya Pemkot untuk menyediakan hunian bagi masyarakat.

“Hari ini kita serahkan 14 sertifikat tanah kepada warga. Dalam waktu dekat ada 16 lagi yang akan kita berikan,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Di Solo, banyak hunian belum bersertifikat. Padahal si pemilik rumah telah meninggalinya selama bertahun-tahun. Program sertifikasi hunian ini memang sudah sejak lama dilaksanakan di Solo, diawali sejak era kepemimpinan Joko Widodo.

Pemkot secara proaktif mencari rumah-rumah tanpa sertifikat itu. Pemilik rumah diminta mengajukan peta lahan (site plan) secara kolektif. Setelah status kepemilikan tanah terverifikasi dan dipastikan aman secara hukum, Pemkot kemudian meminta Badan Pertanahan Negara untuk membuatkan sertifikat tanah sesuai site plan yang diajukan.

“Yang di sini prosesnya sudah sejak 3 atau 4 tahun yang lalu. Sekarang baru jadi,” kata dia.

Rumah-rumah yang diberi sertifikat kebanyakan berada di wilayah aliran sungai. Namun Rudy memastikan rumah-rumah itu berada di luar batas sempadan sungai. Dengan kata lain, jaraknya dari tepi sungai minimal 10 meter.

“Masih ada jarak yang cukup untuk jalur inspeksi,” kata Rudy.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge