0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Pemkot Terima Bantuan Pohon

foto: Rosyid
Pelepasan burung (foto: Rosyid)

Solo – Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016 di Solo ditandai dengan pelepasan burung merpati dan kutilang ke alam bebas di Balekambang, Jumat (22/7). Dalam acara tersebut Solo Bersama Selamanya memberikan bantuan pohon untuk penghijauan.

“Seharusnya ini diperigati 5 Juni. Tapi karena kemarin suasana Ramadan, kita tunda sekarang,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup, Widi Srihanto usai acara.

Ada setidaknya 70 burung merpati dan kutilang yang dilepaskan. Burung-burung tersebut diharapkan dapat berkembang biak di alam liar sehingga bisa menambah keasrian kota.

UPTD Balekambang telah menyiapkan rumah-rumahan untuk burung merpati. Nantinya, burung-burung itu dapat menambah daya tarik taman Balekambang.

SBS juga menyerahkan bantuan 300 pohon dalam acara tersebut. Widi mengatakan pohon-pohon itu nantinya akan didistribusikan kepada instansi-instansi yang membutuhkan pohon untuk menambah ruang terbuka hijau. Namun ia akan memprioritaskan sekolah-sekolah terlebih dahulu.

“Sudah saya sampaikan ke kepala-kepala sekolah agar mengajukan pohon apa yang ingin ditanam. Sisanya akan kita distribusikan melalui kecamatan-kecamatan,” kata dia.

Saat ini, total Ruang Terbuka Hijau di Solo memang sudah mencapai 30,8 persen. Lebih dari target minimal 30 persen yang ditetapkan dalam UU No 26 tahun 2007 tentang penataan ruang.

Namun bila dilihat lebih dalam, RTH publik di Solo baru 11,9 persen. Selebihnya, merupakan RTH privat. Padahal dalam UU tersebut mengamanatkan pemerintah daerah minimal menyediakan 20 persen RTH.

“Jadi secara umum RTH kita sudah terpenuhi. Tapi kita terus akan tambah. Setidaknya Pemkot bisa memenuhi yang 20 persen itu,” kata Widi.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge