0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Catat! Klaten Kekurangan 2.270 Guru PNS

(Ilustrasi) PNS (dok.timlo.net/agung widodo)

Klaten — Jumlah guru Sekolah Dasar (SD) di lingkungan pendidikan Klaten jauh dari ideal. Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten masih membutuhkan ribuan tenaga pengajar. Sebab, setiap tahun ada ratusan guru yang memasuki masa pensiun.

“Masih kurang banyak sekali, sekitar lebih dari 2.000 guru. Selain pensiun, sudah lama sekali tidak ada rekruitmen PNS,” ungkap Kepala Sub Bagian (Kasubag) Umum dan Kepegawaian Disdik Klaten, Sri Nugroho, Jumat (22/7).

Berdasarkan catatan Disdik Klaten, terdapat 718 SD Negeri (SDN) yang tersebar di 26 kecamatan. Idealnya, setiap sekolah memiliki sembilan PNS yang meliputi kepala sekolah, enam guru kelas, dan dua guru mata pelajaran Pendidikan Agama dan Olahraga.

Namun jumlah PNS di seluruh SDN Klaten saat ini hanya 4.192 guru. Padahal, idealnya Klaten memiliki 6.462 PNS guru SDN berlatar PNS. Maka hingga sekarang Disdik masih kekurangan 2.270 guru.

“Satu SDN rata-rata diisi satu hingga lima orang guru. Sehingga sekolah terpaksa merekrut guru tidak tetap (GTT) yang honornya ditanggung sesuai kemampuan masing-masing sekolah. Sedangkan setiap tahun ada ratusan guru pensiun, tahun ini saja mencapai 223 orang,” ungkap Nugroho.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge