0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lokasi CFS Wonogiri Dipindah, Ini Alasannya

dok.timlo.net/tarmuji
Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Sri Anggono (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Mulai minggu pekan ini, lokasi car free Sunday (CFS) Wonogiri bakal dipindah. Rencana tersebut dilontarkan jajaran Polres setempat  dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya terkait emisi bahan bakar kendaraan.

Car free sunday itu kan intinya jalan sehari tanpa kendaraan dan terpenting mengurangi emisi bahan bakar,” ujar Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Sri Anggono mewakili Kapolres Wonogiri AKBP RR Rumondor, Jumat (22/7).

Menurutnya, rencana pemindahan lokasi CFS tersebut sudah dikoordinasikan dengan lintas instansi terkait di lingkungan Pemkab Wonogiri. Bahkan lokasi tersebut diklaim paling cocok, karena sudah memenuhi berbagai aspek.

“Jalan Pemuda 1, mulai dari lampu merah Ponten hingga barat jembatan Pokoh adalah lokasi yang paling cocok untuk jadi area car free sunday,” ujarnya.

Sedang lokasi lama CFS yakni di sepanjang Jl Jendral Sudirman atau depan Pasar Wonogiri Kota dinilai kurang efektif, lantaran mengganggu akses menuju pasar tradisional itu.

“Kalau Jl Jendral Sudirman kan terlalu ribet dengan adanya aktivitas pasar. Selain itu Jl Pemuda itu jalur lintas propinsi padat, otomatis emisinya jauh lebih banyak,” jelasnya.

Pihaknya pun sudah mengkaji terkait pemindahan arus lalu lintas, baik dari arah Solo atau arah Ponorogo. Dimana arah timur, kendaraan dibuang ke arah selatan setelah jembatan Pokoh, kemudian SMAN 1, lalu menuju Jl Pelem, selanjutnya ke barat menuju Jl Jendral Sudirman dan Bangjo Ponten.

“Untuk pedagang yang biasa berjualan di saat pelaksanaan CFS tetap kita perbolehkan berjualan,” terangnya.

Sedang dari arah utara (Solo), penutupan jalan yang dimulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB ditutup mulai dari sisi timur Bangjo Ponten, sehingga arus lalu lintas disarankan memasuki jalur Alas Kethu kemudian kantor BPN, terus masuk ke Jalan Pemuda II.

“Untuk warga masyarakat sudah kita siapkan kantung-kantung parkir semisal Alun- Alun Giri Kridha Bhakti dan juga di gang-gang dalam kampung. Kita juga sudah koordinasi dengan tokoh masyarakat sekitar, sehingga nantinya parkir bisa diurusi warga sekitar,” katanya.

Ditambahkan, dalam pekan ini pihaknya bakal menemui Bupati Wonogiri Joko Sutopo untuk koordinasi lebih lanjut. Hanya saja dia berharap Minggu (24/7), CFD sudah dilaunching di Jl Pemuda 1.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge