0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Alasan Solo Dipilih Jadi Tuan Rumah Harteknas 2016

Grafis: Panitia
(Grafis: Panitia)

Solo – Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke-21 tahun 2016 akan dipusatkan di Solo, mulai 7 – 14 Agustus mendatang. Solo dipilih bukan tanpa alasan. Setidaknya ada tiga hal yang menjadi pertimbangan kenapa Harteknas diselenggarakan di Solo.

“Yang pertama aspek sejarah. Tahun lalu, Jawa Tengah mendapat penghargaan Budhipura Kencana dari Pemerintah Pusat,” kata Ketua Pelaksana Harian Harteknas, Ophirtus Sumule kepada wartawan, Kamis (21/7).

Budhipura merupakan penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi yang secara proaktif mendorong munculnya inovasi-inovasi di daerahnya. Dalam hal ini, Jawa Tengah dinilai berhasil mengembangkan Sistem Inovasi Daerah (SIDa).

“Yang kedua, dari Solo inilah lahir Science Techno Park yang pertama di Indonesia (Solo Techno Park),” kata dia.

Keberadaan Science Tecno Park dinilai sangat strategis dalam mendorong munculnya inovasi-inovasi baru. Di sanalah terjadi interaksi antara dunia usaha, akademisi dan pemerintah (Academics, Business, Government atau sering disingkat ABG). Ketiganya merupakan komponen kunci keberhasilan inovasi.

Di sisi lain, ketersiadaan sarana dan prasarana juga menjadi pertimbangan panitia dalam memilih Kota Solo sebagai tuan rumah. Pasalnya, perhelatan tersebut bakal digelar besar-besaran dengan mendatangkan para pejabat dan ribuan ilmuwan dari berbagai negara.

“Perhelatan kita ini merupakan perhelatan iptek terbesar di Indonesia,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge