0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional Dipusatkan di Solo

(Grafis: Panitia)

Solo – Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) akan dipusatkan di Solo selama seminggu penuh mulai 7 – 14 Agustus mendatang. Kali ini, perhelatan bidang sains tingkat nasional itu akan menekankan pada inovasi di berbagai bidang.

“Bicara teknologi, kita harus bicara inovasi,” kata Wakil Ketua Harteknas 2016, Agus Puji Prasetyono, Kamis (21/7).

Ia menegaskan pengertian inovasi adalah penemuan hal-hal baru yang bisa diterapkan secara luas. Maka dari itu, produk-produk yang akan ditampilkan di Harteknas 2016 adalah produk inovasi yang sudah beredar di masyarakat. Setidaknya, produk-produk itu memang sudah matang dan siap diproduksi massal.

“Teknologi-teknologi yang dihasilkan para akademisi tidak boleh berhenti di laci-laci dan rak-rak. Harus benar-benar bermanfaat. Untuk itu perlu adanya modal, dukungan infrastruktur, dan kesiapan pasar,” tambahnya.

Menurutnya, dalam inovasi, ada beberapa kompoonen penting yang harus terpenuhi. Di antaranya ada aspek pasar, infrastruktur, jejaring (networking), dan organisasi. Aspek-aspek itu harus dikuasai agar produk-produk teknologi bisa dirasakan manfaatnya secara luas.

Ketua Pelaksana Harian Harteknas, Ophirtus Sumule menambahkan, Harteknas diharapkan dapat menjadi ajang interaksi antara pelaku usaha, akademisi dan masyarakat. Dari interaksi tersebut diharapkan dapat terjadi transaksi.

“Harus ada produk teknologi yang dipamerkan di Harteknas yang dibiayai oleh pelaku bisnis untuk diproduksi masal,” terangnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge