0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jokowi akan Pimpin Pengujian Pesawat N-219 di Harteknas

Jumpa pers Harteknas 2016 (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin pengujian pesawat terbang N-219 melalui mesin simulator pada acara Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) 2016 yang diselenggarakan di area parkir Stadion Manahan, Solo, Rabu (10/8). Pengujian tersebut dilakukan untuk memastikan bagian sayap dan landing gear berfungsi dengan baik.

“Bila pengujian berhasil, akan kita lanjutkan ke tahap sertifikasi supaya segera bisa dilakukan uji terbang,” kata Direktur Sistem Inovasi Kemenristekdikti, Ophir Sumule kepada wartawan, di Solo, Kamis (21/7).

Pengujian dilakukan secara bersamaan di tiga tempat dengan teleconference. Bagian sayap diuji di Bandung, sementara landing gear di Subang. Presiden akan mengoperasikan simulator N-219 di Solo. Di saat yang sama, dua bagian tersebut akan diuji di tempat masing-masing.

“Kita juga akan sampaikan perkembangan terakhir tentang pembuatan pesawat ini sebelum pengujian,” kata pria yang juga menjabat Ketua Pelaksana Harian Harteknas 2016 itu.

Pesawat N-219 merupakan pesawat yang tengah dikembangkan PT Dirgantara Indonesia (PT DI). Pesawat tersebut adalah pengembangan dari NC-212 keluaran PT DI yang telah diproduksi secara massal. Targetnya, tahun 2017 N-219 bisa mengudara menyusul kakaknya.

“Ini merupakan contoh inovasi. Pesawat ini memiliki keunggulan dibanding pesawat-pesawat lain di kelasnya karena bisa membawa muatan lebih banyak,” kata Wakil Ketua Harteknas, Agus Puji Prasetyono.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge