0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sempat Disegel Bupati, Belasan Toko Modern kembali Beroperasi

dok.timlo.net/humas pemkab klaten
Bupati Klaten Sri Hartini, kanan, dan Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Kesra Purwanto Anggono Cipto menyegel toko modern berjejaring bodong (dok.timlo.net/humas pemkab klaten)

Klaten — Belasan toko modern bodong yang sempat disegel Bupati Klaten Sri Hartini bersama Satpol PP pada pertengahan April lalu kembali beroperasi. Meski ada yang berganti nama, mereka telah mengantongi izin usaha toko modern (IUTM).

“Iya sudah keluar (IUTM) sejak 2 Juli 2016. Total ada 12 toko, sembilan diantaranya toko modern berjejaring, dan tiga toko modern milik perseorangan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Penegakkan Perda Satpol PP Klaten, Sugeng Santoso, Kamis (21/7).

Diterangkan, pada 13 April lalu sebanyak 29 toko terdiri dari 17 Alfamart dan 12 Indomaret telah dieksekusi. Puluhan toko modern berjejaring itu melanggar Perda No 12/2011 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern. Sebelum dieksekusi pihaknya juga sudah melayangkan surat peringatan (SP) hingga tiga kali.

Disinggung soal tiga toko yang berganti status milik perseorangan, Satpol PP akan memperketat pengawasan. Meski sudah mengantongi IUTM, ketiga toko itu tidak boleh menggunakan atribut, baik logo maupun sistem pengelolaan toko modern berjejaring.

“Selama tidak sesuai Perda (No 12/2011) ya kami tertibkan. (Sanksinya?) Mulai dari penutupan paksa hingga pencabutan izin (IUTM),” tegas Sugeng.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge