0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Wajan Raksasa yang Gegerkan Warga

Wajan raksasa (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Pengkaji Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah, Bagus Ujianto menilai wajan raksasa yang ditemukan di Batang berbeda dengan wajan di Purworejo. Sebab, wajan di Batang terdapat pipa yang diperkirakan untuk mengalirkan sesuatu ke dalam wajan

Bagus Ujianto membeberkan, bahan dasar wajan raksasa yang ditemukan di Batang dan yang ditemukan Purworejo tersebut sama dari bahan logam.

“Berdasarkan pengukuran BPCB Jateng, wajan raksasa tersebut (Purworejo) memiliki diameter 2,67 meter, tinggi 0,75 meter, ketebalan tepi 0,27 meter, dan ketebalan tengah wajan 0,7 meter,” ungkapnya.

Namun, Bagus Ujianto menjelaskan wajan raksasa di Batang terdapat pipa yang diperkirakan untuk mengalirkan sesuatu ke dalam wajan. Untuk mengetahui wajan tersebut digunakan untuk apa, pihaknya harus melakukan uji kontek dan uji penanganan bahan yang menempel di wajan itu.

Kajian ilmiah, harus dilakukan untuk mengetahui kapan wajan tersebut dibuat dan digunakan untuk memasak apa. “Kami juga membawa sampel tanah yang ada di atas wajan, karena ada bahan sisa sisa menyerupai arang yang bercampur tanah,” pungkasnya. [gil]

Sumber: merdeka.com

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge