0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Miskomunikasi, Jalan Adi Sumarmo Belum Sepenuhnya Diambil Alih Pusat

timlo.net/ichsan rosyid
Tol Solo - Sragen dari atas (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Jalan Adi Sumarmo yang menjadi akses keluar masuk (interchange) Tol Solo-Kertosono (Soker) dari Solo sampai saat ini masih dikelola Pemerintah Kota Solo. Padahal jalan terusannya, Ki Mangun Sarkoro yang masuk wilayah Karanganyar sudah diambil alih Pemerintah Pusat Sejak beberapa waktu lalu.

“Dulu waktu proses pengambilalihan memang tercecer. Kita pikir sudah masuk pusat. Setelah kita telusuri, ternyata yang diambil alih hanya Jalan Adi Sumarmo yang masuk Wilayah Karanganyar,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Indah Sitaresmi, Rabu (20/7).

Akibatnya, sampai saat ini, pengelolaan jalan Adi Sumarmo masih di tangan Pemkot lantaran SK pengalihan pengelolaan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terlanjur terbit. Padahal, Jalan tersebut perlu penanganan khusus karena menjadi akses utama dari dan menuju Tol Soker.

“Karena terlanjur, ya sudah ini kita tangani sebatas pemeliharaan saja. Tapi kalau ada kendala kita akan koordinasi dengan pusat,” kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jalan Adi Sumarmo dinilai berpotensi menjadi bottle neck karena jalan tersebut relatif sempit dibanding lebar Jalan Tol Soker. Kondisi itu mirip dengan yang terjadi di pintu keluar Tol Brebes (Brexit) yang menjadi pusat perhatian nasional karena macet parah pada waktu arus mudik lalu.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge