0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bijak dengan Tembakau, Guyub Bocah Gelar Festival Layang-Layang

ist
Festival Layang-Layang (ist)

Klaten — Komunitas Guyub Bocah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Jateng-DIY) bakal menggelar Festival Layang-Layang di Desa Kadilajo, Kecamatan Karangnongko, Klaten, Minggu (24/7). Festival tersebut menyerukan tajuk pengendalian laju tembakau atau Framework Convention on Tobacco Control (FCTC).

“Festival ini bekerjasama dengan Lentera Anak Indonesia. Tujuannya untuk mengedukasi masyarakat agar bijak dengan tembakau. Yang sudah merokok ya jadilah perokok santun, yang tidak merokok hindari dan jangan sampai merokok,” ujar Sekretaris Panitia Festival Layang-Layang, Ruri Putri Kriswanto, Rabu (20/7).

Dijelaskan, layang-layang yang diterbangkan peserta festival bakal berbeda dengan festival layang-layang pada umumnya. Sebab, 50 persen bahan layang-layang disyaratkan menggunakan barang bekas atau limbah rumah tangga maupun limbah industri kecil.

“Separuh bahan yang dibuat layang-layang harus dari limbah. Tujuannya mengajak masyarakat untuk mendaur ulang dan menggunakan kembali barang bekas serta mengurangi jumlah sampah,” jelas Ruri.

Saat ini panitia telah mengantongi sedikitnya 250 peserta, dari 500 peserta yang akan berpartisipasi. Mereka berasal dari dari Kabupaten Sragen, Karanganyar, Klaten, Boyolali, Bantul, dan Kulonprogo. Peserta dari berbagai kalangan mulai pelajar, masyarakat umum, komunitas, hingga instansi.

“Selain menerbangkan layang-layang, juga diperlombakan proses pembuatan layang-layang. Selain itu juga ada kegiatan menanam pohon, pentas seni, pameran foto, pameran layang-layang, dan lainnya,” imbuh Ruri.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge