0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SBC IX Beda Lho dengan SBC Sebelumnya, Penasaran?

timlo.net/achmad khalik
Solo Batik Carnival (SBC) ke IX (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Solo Batik Carnival (SBC) IX bakal diselenggarakan mulai Jumat-Minggu (22-24/7) mendatang. Berbeda dengan tahun sebelumnya SBC kali ini bakal digelar lebih lama dan tak hanya sekedar pamer kostum melalui karnaval semata.

“Dalam SBC IX ini, akan ditampilkan pameran di kawasan Benteng Vastenburg,” terang Pembina Yayasan SBC IX, Susanto dalam jumpa pers di Aston Hotel Solo, Rabu (20/7) siang.

Pengunjung, kata Susanto, dapat memanfaatkan momentum pameran tersebut dengan melihat sejumlah pameran kostum SBC dari gelaran sebelumnya. Tak hanya itu, pengunjung juga diperbolehkan untuk berfoto selfie dengan kostum SBC yang dipamerkan.

“Tapi, syaratnya gantian ya,” kata Susanto.

Sementara itu, Art director SBC IX, Yanuar mengatakan, dalam penyelenggaraan SBC IX pihaknya mengusung tema “Mustika Jawa Dwipa” yang artinya warisan berharga budaya Jawa. Melalui tema besar yang diusung tersebut, diejawantahkan kedalam empat bentuk kostum yakni Gamelan, Lampu Krobyong, Pusaka Keris dan Candi Prambanan.

“Empat kostum ini didapat dari penjabaran tema yang kita usung,” jelasnya.

Rencananya, dalam karnaval yang bakal digelar pada Minggu 24 Juli mendatang akan melibatkan sebanyak 300an peserta. Peserta yang mengikuti karnaval SBC IX telah mendapat pelatihan intensif untuk membuat kostum yang akan dikenakan.

“Termasuk, pengarahan make up dan koreografi. Persiapan telah dilakukan sejak empat bulan lalu,” ungkapnya.

Untuk mengapresiasi hasil karya peserta SBC tersebut, panitia telah menyediakan penghargaan untuk delapan nominasi. Penyerahan penghargaan akan dilakukan di garis finish dikawasan Bundaran Gladag.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge