0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ekowisata Antar Agung Respati Raih Doktor UNS

Agung Respati raih gelar doktor di UNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Agung Respati, mahasiswa Program Doktor Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret (UNS) menjadi Doktor ke 218 UNS. Agung berhasil mempertahankan disertasi berjudul Rekonstruksi Model Ekowisata Berbasis Sumber Daya dan Kearifan Lokal.

“Pengembangan ekowisata yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan dengan menggunakan model rekonstruksi ekowisata berbasis sumberdaya dan kearifan lokal ditinjau dari pembangunan ekowisata, sistem manajemen lingkungan dan daya saing memiliki dampak positif terhadap pengembangan ekowisata,” jelas Agung di depan Dewan Penguji yang dipimpin Prof Drs Sutarno MSc PhD, di ruang sidang Universitas UNS, Solo, Rabu (20/7).

Menurut Agung, terdapat dampak positif pengembangan pariwisata (ekowisata) terhadap pendapatan masyarakat, kesempatan kerja serta penggunaan lahan di daerah penelitian, menunjukkan bahwa daerah penelitian mempunyai karakter sosial, ekonomi dan budaya yang adaptif, sehingga dengan suatu metode tertentu akan dapat mengintervensi perubahan dalam berbagai bidang segi kehidupan masyarakat di sekitar daerah/ kawasan wisata.

Model pengembangan pariwisata berwawasan lingkungan berkelanjutan, yaitu konstruksi model ideal ekowisata, menurut Agung, berkaitan erat secara terintegrasi antara sistem manajemen lingkungan, prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan dan peranan aktif stakeholders, sehingga diperoleh keterpadian yang holistik dalam pemanfaatan dan pengelolaan lahan sesuai dengan potensi dan sumberdaya lingkungan.

“Keterpaduan yang holistik tersebut dilaksanakan secara sinergi dengan kontribusi positif masyarakat berupa kearifan lokal serta kontribusi pemerintah selaku koordinator stakeholder,” jelasnya.

Agung mengemukakan, penelitian ini telah menunjukkan bahwa Model Konstruksi Ideal Ekowisata, yaitu Model Pengembangan Ekowisata Berbasis Sumberdaya dan Kearifan Lokal berkaitan erat dengan sistem manajemen lingkungan, prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan, dan peranan aktif stakeholder.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge