0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tahun Ajaran Baru, Pelajar Rame-Rame Bikin SIM

Suasana pengisian formulir permohonan SIM di Satlantas Polresta Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Tahun Ajaran Baru yang dimulai Senin (18/7) berdampak pada peningkatan jumlah permohonan Surat Ijin Mengemudi (SIM). Di Satlantas Polresta Solo, kenaikan pemohon SIM bahkan mencapai 50 persen dari hari biasa.

“Kalau hari-hari biasa paling cuma kisaran 120-140 orang, tapi sejak libur Lebaran kemarin memang naik menjadi 280-300 pemohon perharinya, apalagi sekarang, pemohon SIM di Tahun Ajaran Baru ini,” ungkap Baur SIM Satlantas Polresta Surakarta Aiptu Gusmo, Rabu (20/7).

Dikatakan, sejak libur Lebaran lalu kenaikan permohonan SIM terjadi secara signifikan. Pada masa libur Lebaran pemohon didominasi para perantau yang hendak memperpanjang SIM. Sedangkan pada Tahun Ajaran Baru didominasi permohonan SIM baru yang dilakukan oleh pelajar.

Menanggapi membeludaknya permintaan SIM ini, kata Gusmo, tidak menjadi persoalan yang serius. Sebab, pengerjaan SIM di Polresta Solo memang telah bagus dan teratur dengan rapi.

Meski begitu masih saja ada yang tidak bisa memperoleh SIM, namun hal ini disebabkan oleh terbatasnya jam kerja petugas atau kegagalan dalam ujian mengendarai.

“Jam kerja kita kan hanya 08.00 – 14.00 WIB. Sehingga kalau permaintaan sangat banyak, tidak bisa terlayani, dan mohon pengertiannya untuk datang lagi besok,” kata Aiptu Gusmo mewakili Kanit Regident AKP Sukarda.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge