0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rina Raih Gelar Doktor dengan Sangat Memuaskan

dok.timlo.net/tyo eka
Rina Arum Prastyanti ujian doktor di UNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Optimalisasi Sertifikat Keandalan (Trustmark) menghantar Rina Arum Prastyanti, mahasiswa Program Doktor Ilmu Hukum Program Pascasarjana Fakultas Hukum Univeritas Sebelas Maret (UNS) meraih gelar doktor dengan predikat sangat memuaskan. Rina berhasil menjadi doktor ke 217 UNS, dan ke 34 Fakultas Hukum UNS.

“Trustmark bukan hal baru, di negara maju sudah mewajibkan semua pelaku usaha e-commerce menggunakan Trustmark pada situs mereka,” jelas Rina saat mempertahankan disertasinya di depan Dewan Penguji yang dipimpin Prof Drs Sutarno MSc Phd, di ruang Sidang Rektorat UNS, Solo, Rabu (20/7).

Salah satu alasan diambilnya Malaysia dan Singapura dalam perbandingan penggunaan Trustmark untuk memberikan perlindungan konsumen e-commerce karena keberhasilan Malaysia dan Singapura untuk mengoptimalkan kepercayaan konsumen e-commerce yang hal ini terbukti dari peningkatan pengguna e-commerce dari sebelum dan sesudah pemerintah Malaysia dan Singapura menggunakan Trustmark.

Trustmark yang berlaku di Malaysia dan Singapura di nisiasi oleh pemerintah yang dalam pelaksaannya, menurut Rina, cenderung otoriter sehingga pemerintah juga menjadi salah satu trustmark provider, ini menunjukkan keseriusan pemerintah dalam upaya optimalisasi e-ommerce melalui peningkatan keterpercayaan pelaku usaha dan kepercayaan konsumen pengguna e-commerce.

Disertasi Rina berjudul “Optimalisasi Sertifikat Keandalan (Trustmark) dalam Rangka Meningkatkan Kepercayaan Dan Melindungi Konsumen Pengguna E- Commerce Indonesia”.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge