0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Korupsi, Kades Jeruk Divonis 20 Bulan Penjara

dok.timlo.net/red
ilustrasi (dok.timlo.net/red)

Boyolali — Kades Jeruk, Kecamatan Selo Nonaktif, Juminem, terdakwa kasus korupsi dana program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM), dihukum penjara selama 20 bulan denda Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan. Terdakwa sendiri menerima putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang. Sebelumnya, JPU menuntut Juminem selama dua tahun penjara.

“Terdakwa tidak ajukan banding, Kita juga tidak akan mengajukan,putusan hakim sudah lebih dari 2/3 tuntutan jaksa,” kata JPU Kejari Boyolali, Romlie Mukayatsyah, Selasa (19/7).

Di sisi lain, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa khususnya Pasal 54 ayat (2) huruf g,  kepala desa yang dinyatakan sebagai terpidana oleh keputusan pengadilan yang telah mempunyai keputusan hukum tetap, Bupati segera memberhentikan kades tersebut.

“Kita tunggu salinan putusan Pengadilan,nanti kita jadikan dasar untuk memberhentikan Juminem,” kata Asisten Pemerintahan Setda Boyolali, Untung Rahardjo.

Terpisah, kuasa hukum Juminem, Budi Sularyono mengatakan, pihaknya tidak akan mengajukan banding. Hanya saja klienya berencana mengajukan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri Boyolali. Gugatan perdata akan dilayangkan jika sudah ada keputusan resmi pemberhentian Juminem dari jabatan kades.

“Kita nanti berencana akan mengugat Unit Pengelola Kegiatan Selo,” ungkap Budi Sularyono.

Dijelaskan, salah satu dasar gugatan adalah adanya perjanjian penggunaan dana PNPM senilai Rp 40 juta antara UPK dengan kliennya sebelum dana itu cair. Disebutkan, dalam perjanjian antara kliennya dengan UPK Selo, disebutkan jika ada masalah antara UPK dengan debitor akan diselesaikan di pengadilan negeri bukan di Pengadilan Tipikor.

“Ini malah di Tipikor, dasar penghitungan kerugian oleh BPK juga tidak jelas,” pungkasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge