0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peserta Tax Amnesty Mbludak, Menkeu Kaget

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Pemerintah Jokowi-JK secara resmi telah membuka pelayanan tax amnesty atau pengampunan pajak sejak Senin (18/7) kemarin.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengaku kaget melihat tingginya animo masyarakat untuk ikut program tax amnesty. Dia mengklaim, sejumlah peserta yang mendaftar langsung membayar uang tebusannya.

“Saya surprise untuk hari pertama tax amnesty. Itu banyak sekali yang daftar. Mereka langsung bayar uang tebusannya,” ujar Menkeu Bambang di ruang rapat Komisi XI DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (19/7).

Bambang optimis peserta yang ikut program tax amnesty akan melonjak dan mereka langsung membayar uang tebusannya. “Sistemnya sudah mulai jalan kemarin. Uang tebusan juga sudah masuk dan banyak yang menyampaikan aset,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan menilai program pengampunan pajak ini banyak diminati oleh masyarakat, terutama kalangan pengusaha.

Hal ini berkaca pada membludaknya peserta yang hadir pada acara sosialisasi tax amnesty di Surabaya.

“Bisa lihat saat sosialisasi Jokowi di Surabaya. Beliau undang 2.000, yang datang 2.700 orang. Yang berdiri di luar ruangan pun banyak. Animo hari ini sudah bagus, tapi data dari KPP belum termonitor. Kemungkinan besok uang tebusannya baru terlihat,” ujar Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (18/7).

Senada dengan Ken, Direktur P2 Humas Direktorat Jenderal Pajak, Mekar Satria Utama mengatakan sampai hari ini sejumlah kanwil kedatangan peserta yang ingin mengikuti program tax amnesty.

“Hari ini sampai dengan siang tadi ada dua yang datang kesini untuk berkonsultasi. Sementara di Kanwil Pajak Jakarta Selatan ada lima orang yang juga datang untuk melakukan konsultasi,” kata Mekar.

“Kami sudah mempersiapkan ruang khusus untuk itu untuk wajib pajak yang mau ikut program tax amnesty, untuk konsultasi. Pegawainya juga sudah kami siapkan. Dihari-hari pertama ini masih banyak mereka yang menggali gali informasi terlebih dulu,” lanjutnya. [idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge