0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Belasan Mahasiswa Asing Ikut Kursus Batik

dok.timlo.net/tyo eka
FSRD UNS gelar Batik Shortcourse bagi mahasiswa asing (dok.timlo.net/tyo eka)

FSRD Gelar Batik Shortcourse Bagi Mahasiswa Asing

Solo — Belasan mahasiswa asing dari berbagai negara mengikuti program Batik Shortcourse digelar Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret (FSRD UNS), tanggal 18 – 23 Juli 2016.

Ketua Panitia Program Batik Shortcourse UNS, Sarah Rum Handayani mengatakan, FSRD UNS ingin mendukung program internasionalisasi UNS, salah satunya melalui pengenalan batik Indonesia pada masyarakat mancanegara khususnya mahasiswa asing, agar batik Indonesia lebih dikenal tidak saja pada visual pola hiasnya saja, namun juga pada keindahan maknawinya.

“Tidak mustahil bahwa batik di Indonesia akan dijadikan topik dalam salah satu kajian mahasiswa asing tersebut selama masa studinya,” ungkap Sarah Rum Handayani kepada wartawan, di Kampus UNS, Solo, Selasa (19/7).

Dijelaskan, bentuk kegiatannya berupa kursus singkat yang dikemas dalam serangkaian teori dan praktek terkait batik di Indonesia. Disamping itu, para mahasiswa asing peserta kursus diberikan pengalaman untuk sekaligus lebih dekat bersama para pengarajin di pedesaan sambil merasa perlu turut serta dalam pelestarian dan pengekplorasian batik.

“Salah satunya dengan cara mengajak seluruh partisipan untuk lebih mengenal, memahami dan dapat berperan dalam menyumbangkan ide kreatifnya agar batik semakin mendunia dan lestari,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge