0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pokemon Go Merupakan Hasil Konspirasi Orang Yahudi?

Pokemon Go. (Dok: Timlo.net/ The Verge.)

Timlo.net—Ada banyak reaksi orang terhadap game yang sangat ini populer, Pokemon Go. Para ulama di Mesir dan Arab menyatakan game ini haram dan tidak Islami karena membuat para pemain berperilaku seperti orang mabuk dan tergila-gila untuk berburu pocket monster (monster saku). Sekarang di berbagai sosial media di Indonesia, orang-orang menyebarkan informasi menyatakan jika Pokemon Go mempromosikan Zionisme dan merupakan game yang menghina agama Islam. Dikatakan jika Pokemon sebenarnya dalam bahasa Syriac atau bahasa Suryani mempunyai arti “Aku Yahudi”, sementara Pikachu disebutkan berarti “Jadilah Yahudi”, dan Charmander bermakna “Tuhan itu Lemah”.

Rupanya tuduhan ini sudah muncul sejak lama. Pada 2001 saat video game Pokemon populer, beredar isu jika game itu merupakan konspirasi Yahudi untuk menyebarkan paham zionisme. Dalam artikel yang dimuat di situs berita LA Times, pada tahun itu beredar berbagai brosur di Timur Tengah yang menyatakan jika Pokemon adalah perusahaan Yahudi dan nama-nama monster di dalamnya menghina agama Islam. Brosur itu lebih jauh menyatakan jika Pokemon sebenarnya berarti “Saya Yahudi”.

“Brosur itu, ditulis dalam Bahasa Arab yang buruk, menyatakan jika Pikachu, karakter paling populer dan kuat berarti ‘Saya Yahudi’ dalam Bahasa Jepang,” kata Abdel Rahman Mtowah, editor surat kabar di Arab Saudi, Al Sharq al Awsat.

Tuduhan jika Pokemon dan Pikachu berasal dari bahasa Syriac atau Suryani, dialek bahasa Aram yang ada di bagian Aram sendiri sudah dibantah pada 2001 saat rumor itu beredar. Gereja Kristen Ortodoks Syriac yang ada di Yordania menyatakan jika Pokemon dan Pikachu bukan berasal dari bahasa Suryani. Bantahan serupa dirilis oleh gereja Kristen Ortodoks di Yerusalem.

Sementara Atase Budaya Jepang di Yordania pada 2001 menyatakan jika ada banyak orang meminta dirinya untuk memberitahu mereka kata Jepang untuk “Yahudi”. Yahudi dalam Bahasa Jepang adalah “youdayajin”, jauh berbeda dengan kata Pokemon.

“Pokemon sendiri merupakan singkatan dari ‘pocket monsters’. Di Jepang kami menggunakan kata ‘poke’ yang berarti sesuatu yang kecil. ‘Pokekom” berarti ‘pocket computer’,” ujar Tahara kepada AFP.

“Saya tidak tahu bahasa Ibrani tapi sejauh yang saya tahu tidak ada bahasa asing atau tersembunyi di Pokemon,” kata Tahara.

Pokemon sendiri diciptakan oleh Satoshi Tajiri, Ken Sugimori dan dikelola oleh The Pokemon Company, gabungan dari Nintendo, Game Freak dan Creatures. Nama Pokemon sendiri merupakan singkatan dari Pocket Monsters atau monster saku. Dalam bahasa Jepang disebut Poketto Monsuta. Sementara Pikachu sendiri merupakan kombinasi dari dua suara dalam Bahasa Jepang. Pika yang merupakan suara percikan listrik dan chu adalah suara yang dikeluarkan tikus.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge