0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dikhawatikan Jadi Sasaran PKL Sunday Market, Pemkot Pelototi Lokasi Ini

Sunday Market Manahan (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Pemerintah Kota Solo mengawasi empat lokasi yang diduga bakal menjadi sasaran Pedagang Sunday Market yang ditutup sementara selama lima pekan. Lokasi yang diwaspadai adalah Car Free Day (CFD) Slamet Riyadi, CFD Ir Juanda, Kawasan Monumen 45 Banjarsari, dan Balekambang.

“Itu yang perlu kita waspadai,” kata Dinas Pengelola Pasar (DPP), Subagyo, Senin (18/7).

Para pedagang dikhawatirkan akan beralih ke lokasi-lokasi tersebut selama Sunday Market ditutup selama lima pekan untuk persiapan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) yang akan diselenggarakan di Solo bulan depan. Sebagai langkah antisipasi, DPP telah berkoordinasi dengan paguyuban pedagang di lokasi-lokasi tersebut. Petugas DPP dan Satpol PP pun akan disiagakan di sana setiap Minggu pagi.

Ia mengakui banyak pedagang Sunday Market yang mengeluhkan penutupan tersebut. Pasalnya, mereka telah berangkat dari kota asal namun tidak bisa berjualan. Pemkot sendiri memang tidak menyediakan lokasi alternatif untuk mereka. Sedangkan Stadion Manahan dijaga ketat oleh TNI sehingga pedagang tidak mungkin berjualan.

“Mereka banyak yang dari luar kota. Ada yang dari Jepara, Kudus, bahkan ada yang dari Jawa Barat,” kata dia.

Sebelumnya, Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo dengan tegas menyatakan Pemkot menutup sementara Sunday Market Manahan selama lima pekan. Hal itu dilakukan untuk persiapan penyelenggaraan Harteknas yang akan dibuka oleh Presiden RI dan dihadiri Pejabat Tinggi Negara. Bahkan Rudy sempat mengancam akan menutup permanen Sunday Market bila ada para pedagang nekat berjualan.

“Kita sudah beri mereka toleransi. Awalnya mau ditutup sejak tanggal 10 Juli. Tapi saya minta agar ditutup 17 Juli saja. Kita sudah beri kelonggaran seperti itu kalau nekat kita tutup saja sekalian. Tidak usah ada Sunday Market,” tegasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge