0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Aparatur Desa Masih Banyak yang Lemah Mengelola Anggaran

timlo.net/setyo pujis
Kepala BPPK Kemenkeu RI, Sumiati (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Kementerian Keuangan, menilai sumber daya manusia (SDM) aparatur desa, untuk mengelola anggaran keuangan masih relatif lemah. Oleh karena itu pemerintah harus senantiasa mendorong mereka dengan berbagai pelatihan, agar tujuan dari program pemberdayaan desa bisa berjalan sesuai rencana.

“Kalau kita melihat sekarang ini, khususnya di Luar Jawa memang masih banyak aparat desa yang belum siap dalam mengelola anggaran. Khususnya yang ada di luar Jawa,” ujar Kepala BPPK Kemenkeu RI, Sumiati kepada wartawan, Senin (18/7).

Dikatakan dia, masih banyaknya aparat desa yang tingkat pendidikannya rendah menjadi salah satu kendala utama yang harus disikapi. Karena mengelola anggaran desa yang sebanyak itu pasti membutuhkan SDM dengan keahlian yang memadai.

“Selama ini memang upaya pemerintah untuk mempermudah pengelolaan anggaran desa itu sudah cukup banyak yang dilakukan, misalnya melalui kebijakan, pendamping desa, sistem dan juga aplikasi. Namun semua itu akan tetap tidak bisa berjalan secara maksimal, karena kuncinya tetap pada SDM nya,” jelas dia.

Oleh karena itu, dengan adanya kerjasama dengan berbagai Universitas menjadi pilihan strategis BPPK. Karena Universitas adalah gerbang pertama untuk dapat mensosialisasikan kepada masyarakat luas tentang standar pengelolaan keuangan negara.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge