0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lebaran Usai, Harga Daging Sapi Turun

dok.timlo.net/setyo pujis
Pedagang daging sapi di pasar tradisional (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Harga daging sapi dan daging ayam ras di Pasar Legi Solo, sejak beberapa hari terakhir mulai berangsur turun. Hal itu karena dipengaruhi lancarnya lalu lintas di jalan raya, serta banyaknya pasokan barang.

“Kalau sekarang ini pasokan barang lancar, sementara permintaan cenderung turun. Sehingga wajar jika harga menyesuaikan turun,” ujar salah seoarang padagang daging sapi, di Pasar Legi Solo, Pudjani kepada wartawan, Senin (18/7).

Dikatakan, untuk harga daging sapi lokal sekarang Rp 130 ribu per kilogram atau turun dari sebelumnya yang mencapai angka Rp 150 ribu/Kg. Sedangkan permintaan juga tidak seramai layaknya masa Lebaran kemarin.

“Kalau dulu sehari bisa 2-3 ekor sapi, tapi sekarang paling setengahnya saja,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk komoditas daging ayam ras dari sebelumnya menyentuh angka Rp 40 ribu per kilogram sekarang menjadi Rp 28 ribu/Kg. Turunnya harga itu, menurut salah seorang pedagang, Haryanti karena pasokan barang berlimpah dan permintaan relatif turun.

“Jika saat Lebaran kemarin konsumsi daging ayam dari masayrakat tinggi, atau bisa mengahabiskan sedikitnya 50-60 ekor ayam per hari, sekarang turun menjadi 25-30 ekor per hari,” jelasnya.

Selain itu dari pantauan lainnya, sejumlah komoditas yang mengalmi penurunan harga diantaranya adalah bawang putih. Yaitu dari sebelumnya Rp 30 ribu per kilogram, sekarang menjadi Rp 28 ribu/Kg.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge