0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puncak Arus Balik, Konsumsi BBM Naik Drastis

dok.timlo.net/agung widodo
Suasana SPBU Nglangon milik Perusda Sragen sehari menjelang penurunan harga BBM, Senin (4/1). (dok.timlo.net/agung widodo)

Solo — Tingkat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) pada Sabtu (16/7), khususnya di area Jawa Tengah dan Yogyakarta meningkat secara drastis. Tingginya konsumsi tersebut, karena pada akhir pekan kemarin merupakan puncak arus balik pada masa libur sekolah.

“Kendati terjadi peningkatan, namun kita pastikan stok BBM aman selama liburan kemarin. Salah satu upaya yang kita lakukan adalah dengan menyediakan berbagai layanan tambahan, seperti penempatan SPBU Mobile, SPBU bayangan dan penambahan SPBU kantong di titik-titik yang di anggap rawan kemacetan,” ujar Area Manager Communication & Relations JBT PT Pertamina, Suyanto kepada wartawan, Senin (18/7).

Dikatakan, dari data pantauan penyaluran BBM pada puncak arus balik kemarin, khusus BBM jenis premium sebanyak 9.960 KL atau setara dengan 110 persen, yang berarti meningkat sekitar 5 persen dari  hari sebelumnya. Untuk solar 6.376 KL setara dengan 133 persen yang berarti meningkat sekitar 20 persen dari hari sebelumnya. Sedangkan penyaluran BBK jenis pertalite sebanyak 1.296 KL atau setara dengan 227 persen,yang berarti meningkat sekitar 63 persen dari hari sebelumnya.

“Untuk Pertamax sebanyak 2.752 KL atau setara dengan 185 persen, yang berarti meningkat sekitar 25 persen dari hari sebelumnya. Jika kita lihat data itu, menunjukkan bahwa fluktuasi penyaluran BBM/BBK di wilayah Jateng dan DIY masih cukup signifikan, meski masa Lebaran telah usai,” terangnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge