0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mengenal Empat Masalah Anggaran Berbasis Kinerja

dok.timlo.net/tyo eka
Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kementerian Keuangan, Sumiyati (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Ada empat permasalahan dalam implementasi anggaran berbasis kinerja. Permasalah itu menyangkut Governance, Ownership Pimpinan, SDM dan Sistem Informasi.

“Seperti halnya permasalahan Governance apakah manager dapat melaksanakan prinsip let’s managers manage ?” kata Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kementerian Keuangan, Sumiyati saat berbicara Peran Kebijakan Fiskal Dalam Perekonomian dan Best Practices Penerapan di Indonesia,” di Rektorat Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta, Senin (18/7).

Sumiyati mengatakan, pengendalian difokuskan pada outcome/output, tidak pada input. Input secara keseluruhan dikendalikan dengan pendekatan standar biaya output.

Selain itu, kata Sumiyati, perlu proses belajar untuk dapat menghasilkan logic model yang kuat. Apakah dapat membedakan kesalahan karena belajar versus kesalahan karena penyimpangan?

Termasuk bagaimana dengan peran pengawas atau auditor? Menurut Sumiyati, perlu auditor yang memiliki wawasan membangun sistem, bukan mengejar kesalahan, tetapi memperbaiki arsitektur kinerja dan proses ke depan.

Demikian pula soal permasalahan ownership pimpinan, menurut Sumiyati, apakah pimpinan memiliki waktu untuk membangun logic model pada tingkatan strategi ? Perlu proses yang intensif untuk membangun logic model antar instansi.

Sedang permasalahan sumber daya manusia, menurut Sumiyati, semua manager perlu menguasai tentang arsitektur kinerja dan logic model. Bagaimana strategi untuk membangun kompetensi.

Soal permasalahan sistem Informasi, menurut Sumiyati, perlu membangun sistem informasi yang andal untuk arsitektur kinerja dan costing system.

“Tantangan terberat dalam sistem informasi adalah bagaimana mengintegrasikan penganggaran, perbendaharaan, pelaporan dan sekaligus pengawasan oleh auditor eksternal,” ungkapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge