0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tanpa Dokumen Resmi, 23 WNA Tiongkok Diamankan

merdeka.com
Ilustrasi WNA Ilegal (merdeka.com)

Timlo.net — Petugas gabungan Kodim 0905 Balikpapan dan Kantor Imigrasi Balikpapan mengamankan 23 orang warga negara Tiongkok, dari kawasan proyek PLTU Kariangau, Balikpapan, Kalimantan Timur. Penyebabnya mereka tidak bisa menunjukkan dokumen keimigrasian.

Puluhan warga Tiongkok diamankan sejak Kamis (14/7) lalu itu berawal dari informasi diterima Babinkam. Warga melihat banyak aktivitas warga negara asing diduga berasal dari Tiongkok.

“Kita koordinasikan dengan kantor Imigrasi Balikpapan, karena soal keberadaan WNA, domainnya cenderung ke kantor Imigrasi,” kata Dandim 0905 Balikpapan, Kol Inf Heri Setya Kusdiantana, Minggu (17/7).

Tim gabungan Kodim 0905 Balikpapan dan Kantor Imigrasi, diterjunkan ke areal proyek PLTU Kariangau.

“Di lokasi, memang benar mereka (kelompok WNA asal Tiongkok), tidak bisa menunjukkan dokumen keimigrasian yang sah. Sehingga dilakukan pengamanan 18 orang WN Tiongkok dari lokasi. Dalam pengembangan, total keseluruhan pekerja WN Tiongkok, berjumlah 26 orang,” ujar Heri.

Setelah diusut, satu orang di antaranya kembali ke Tiongkok, dan dua lagi sedang ke Jakarta. Tersisa 23 orang WN Tiongkok yang diamankan di kantor Imigrasi Balikpapan.

Dalam interogasi oleh petugas gabungan, belum bisa dipastikan apakah puluhan orang warga negara asing itu memang sebagai pekerja di proyek PLTU Kariangau.

“Kalau informasi awal masyarakat, ya mereka (WNA Tiongkok) itu pekerja di proyek PLTU itu. Tapi, untuk kepastian lebih jelasnya benar tidaknya mereka bekerja di proyek PLTU itu, dan juga soal kepemilikan dokumen keimigrasian, sedang dalam penyelidikan petugas, terutama pihak kantor Imigrasi,” tandas Heri.

[ary]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge