0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bawa Panah, Seorang Mahasiswa Papua Ditahan

(merdeka.com)

Timlo.net – Delapan mahasiswa Papua yang ditangkap polisi karena diduga akan melakukan aksi demo di Yogyakarta, telah dibebaskan, Sabtu (16/7). Dari delapan orang tersebut, satu orang dijadikan tersangka.

“Yang ditangkap, semuanya sudah dibebaskan,” ujar Humas Polisi Daerah (Polda) DIY, AKBP Anny Pudjiastuti, Sabtu (16/7).

Anny menjelaskan, satu orang yang dijadikan tersangka tersebut bernama Obi Kogoya. Obi Kogoya dijadikan tersangka karena membawa satu panah.

“Satu orang dijadikan tersangka karena terbukti membawa satu panah. Tersangka tersebut dibebaskan dengan syarat wajib lapor,” ujarnya.

Menurut Anny, mahasiswa Papua yang membawa panah tersebut berisiko melukai anggota polisi. Dua orang anggota polisi diklaim mengalami luka.

“Dua anggota polisi terluka dalam kejadian itu,” ujar Anny.

Anny mengungkapkan bahwa kepolisian akan terus berjaga-jaga di sekitaran asrama Papua yang berada di Jalan Kusumanegara 119 Yogyakarta. Penjagaan tersebut dimaksudkan untuk mengayomi masyarakat.

“Pengamanan dan penjagaan di sekitar asrama Papua terus dilakukan untuk mengayomi masyarakat,” imbuh Anny.

Sementara itu ketua asrama Papua di Yogyakarta, Roy Karoba, membenarkan bahwa kedelapan warga Papua yang ditangkap telah kembali pada Sabtu (16/7) dini hari. Namun dia membantah jika Obi Kogoya yang dijadikan tersangka telah melakukan tindakan anarkis terhadap kepolisian.

Roy Karoba juga menepis tuduhan kepolisan yang bahwa warga Papua melakukan pelemparan batu terhadap kepolisian. Warga Papua justru yang dilempari batu dari pihak ormas yang menamakan diri FKPPI, Pemuda Pancasila, dan Paksi Kraton.

Selain itu, Roy juga keberatan jika kepolisan masih terus menjaga asrama Papua sampai hari ini. Penjagaan tersebut dinilai meresahkan warga Papua di Yogyakarta. Warga Papua menjadi tidak bisa beraktivitas seperti biasanya.

[hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge