0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Di SMPN 8, Guru Wajib Masukkan Materi Soal Sampah

Solo – Guru pengampu 12 mata pelajaran (mapel) wajib memasukkan materi pemilahan dan pengelolaan sampah pada semua mapel yang diajarkan mulai kelas 7 sampai dengan kelas 9. Materi pemilahan dan pengelolaan sampah harus teritegrasikan pada semua mapel. Tidak saja diberikan di kelas secara teori namun siswa juga langsung diajak mempraktekkan.

“Lahan dan mesin pencacah sudah kita miliki. Silahkan materi digodok bersama diantara para pengampu mapel,” ujar Kepala Sekolah SMPN 8 Surakarta, Nugroho, Sabtu (16/7).

Nugroho mengatakan, sekolahnya memang merancang materi pemilahan dan pengelolaan sampah, karena lingkungan SMPN 8 Surakarta, setiap harinya menghasilkan sampah organik dan non organik yang cukup banyak. Berasal dari dedaunan yang berasal dari pepohonan yang banyak tumbuh di lingkungan sekolah maupun sampah yang berasal dari setiap kelas.

Apabila sampah tidak dikelola akan menjadi permasalahan. Menganggu keindahan sekolah, maka sampah dikumpulkan pada tempat yang disediakan, kemudian dipilih dan diolah. Sampah organik akan difermentasikan menjadi kompos dan sampah non organik akan dijadikan hasta karya.

Lebih lanjut, Nugroho menjelaskan memasukkan materi pemilahan dan pengelolaan sampah yang terintegrasi dalam semua mapel, merupakan salah satu upaya mengoperasionalkan visi SMPN 8 Surakarta, yaitu sebagai Sekolah yang Berprestasi, Berbudaya, Berwawasan Lingkungan Berdasarkan Iman dan Taqwa.

Menurut Nugroho, pelaksanaan pemilahan dan pengelolaan sampah mendapatkan pendampingan dari GIZ Jerman. Lembaga ini secara tehnik memberikan pembekalan dan pelatihan, serta pendampingan pengelolaan sampah organik dan non organik.

Pada acara itu, Kepala Humas Unisri, Suharno memaparkan tentang hubungan saling menguntungkan antara media massa dengan instansi pendidikan. Terutama dalam hal mempromosikan atau mengenalkan keunggulan pendidikan sekolah kepada khalayak ramai.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge