0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Asyik, Istana Negara Bakal Jadi Objek Wisata

dok.merdeka.com
Istana Merdeka (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Bagi anda yang belum pernah memasuki Istana Kepresidenan, Jakarta, jangan sampai terlewatkan momen langka yang akan terjadi pada hari Minggu (17/7) besok. Pasalnya, pihak Istana Kepresidenan memutuskan bahwa seremoni pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan akan dibuka untuk umum.

Seremoni pergantian pasukan jaga istana yang memperbolehkan masyarakat menyaksikannya ini, akan dilakukan secara rutin di Hari Minggu ke-2 tiap bulannya, dan dimulai pada pukul 08.00 Wib di halaman depan Istana Merdeka.

Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan, Istana adalah milik rakyat dan sungguh elok rasanya bila rakyat pun dekat dengan Istana.

Seremoni pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan ini merupakan sebuah langkah dari pemerintah, untuk semakin mendekatkan diri dengan rakyat sekaligus memberi kesempatan luas bagi masyarakat untuk sesekali menikmati suasana pagi di sekitar Istana.

“Untuk itulah pada hari Minggu, 17 Juli 2016 masyarakat mulai dapat menyaksikan kegiatan tersebut di halaman depan Istana Merdeka pada pukul 08.00 WIB,” kata Bey melalui keterangan tertulisnya, Jumat (15/7).

Sebagai tempat bagi Presiden untuk menggerakkan roda pemerintahan, Istana Kepresidenan Republik Indonesia menyimpan nilai sejarah perjalanan bangsa Indonesia yang dapat disaksikan oleh rakyat. Proses pergantian jaga istana yang baru pertama kali dibuka untuk umum ini merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo.

“Tentunya kami siap melaksanakan petunjuk dan arahan Presiden,” kata Bey mengutip pernyataan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono.

Sekedar informasi, Istana Kepresidenan, Jakarta memiliki tiga tempat yang biasa digunakan Presiden dalam menjalankan kegiatannya, diantaranya Istana Merdeka, Istana Negara dan Kantor Presiden. Istana Merdeka biasanya digunakan untuk penyelenggaraan acara-acara kenegaraan, antara lain Peringatan Hari Kemerdekaan, upacara penyambutan tamu negara, penyerahan surat-surat kepercayaan duta besar negara sahabat.

Istana Negara biasanya digunakan untuk pelantikan pejabat-pejabat tinggi negara, pembukaan musyawarah dan rapat kerja nasional, serta untuk tempat menjamu bagi tamu dalam jumlah besar.

Sementara, Kantor Presiden biasanya digunakan untuk Presiden menggelar rapat terbatas dengan jajaran kabinetnya. Selain itu, di Kompleks Istana Kepresidenan juga terdapat Wisma Negara, Kementerian Sekretariat Negara, Kantor Sekretaris Kabinet dan Kantor Sekretaris Militer dan juga Kantor Staf Kepresidenan.

[rnd]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge