0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Karya Seni Jadi Kekuatan Utama ISI

(foto: Tyo Eka)

Solo – Peran Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta sebagai pusat unggulan kreativitas seni dan budaya, diimplementasikan melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Penelitian dan kekaryaan seni menjadi kekuatan utama dan penciri khas ISI Surakarta di antara perguruan tinggi yang lain.

“Kuantitas dan kualitas penelitian dan kekaryaan seni dosen dan mahasiswa semakin meningkat,” jelas Rektor ISI Surakarta, Prof Dr. Sri Rochana Widyastutieningrum, S,Kar, M.Hum, Jumat (15/7).

Karya seni sebagai penelitian, kata Rochana, merupakan paradigma yang terus dikembangkan di kampus tersebut. Karya seni sebagai bentuk penelitian dan kreasi melahirkan pengetahuan.

Dosen sebagai peneliti, praktisi dan seniman dapat menemukan dan mengkomunikasikan pengetahuan baru dan teori yang berasal dari praktik seni yang telah dilakukannya.

“Bagaimanapun kerja imajinatif dan intelektual yang dilakukan seniman atau praktisi seni, pada dasarnya adalah sebuah bentuk penelitian. Kreativitas dosen dan mahasiswa dalam bidang seni menjadi penggerak bagi terwujudnya ISI Surakarta sebagai artistic research university,” jelasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge