0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Besok Senin, PNS Boleh Terlambat Masuk Kantor

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Pemerintah Kota Solo membolehkan Pegawai Negeri Sipil terlambat masuk kerja pada hari Senin (18/7) besok. Dispensasi tersebut diberikan kepada PNS yang akan mengantar anak di hari pertama masuk sekolah.

“Kalau ada yang mau mengantar anak sekolah silahkan. Asal mengajukan ijin dan benar-benar mengantar anak,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Kamis (14/7).

Kebijakan tersebut merujuk kepada Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No 4 Tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah. Dalam surat tersebut, Mendikbud Anis Baswedan mengimbau Kepala Daerah untuk memberi dispensasi kepada PNS agar bisa mengantar anak ke sekolah di hari pertama masuk. PNS yang terlambat di hari itu tidak akan dikenai sanksi administrasi maupun pengurangan penghasilan tambahan.

SE tersebut diterima Walikota beberapa hari yang lalu dan sudah ditindaklanjuti melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). PNS Solo diimbau mengantar anak sekolah terutama yang masih duduk di bangku TK, SD, maupun jenjang yang lebih tinggi. Tujuannya agar terbangun komunikasi antara orang tua dengan pihak sekolah.

“Momen ini perlu dibangun. Orang tua perlu mendampingi anak di hari pertama sekolah. Jadi tahu bagaimana kondisi sekolah dan anaknya,” kata dia.

Meski demikian, Rudy mengingatkan agar PNS tidak menyalahgunakan kesempatan tersebut untuk sengaja terlambat bahkan tidak masuk kerja.

“Mengantar itu kan cukup salah satu saja, bapak atau ibu. Misalnya sudah diantar ibu, ya bapaknya nggak usah ijin,” tegasnya.

Tak hanya di lingkungan pemerintahan, Rudy juga mengimbau perusahaan-perusahaan swasta agar turut memberikan dispensasi kepada pegawainya bila terlambat kerja karena mengantar sekolah.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge