0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dipanggil Polisi, Ini Jawaban Petani Lereng Merapi

dok.timlo.net/aditya wijaya
Yatmo, petani asal Dukuh Geneng Kidul, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten menjalani pemeriksaan di kantor polisi (dok.timlo.net/aditya wijaya)
Klaten — ¬†Yatmo (53), petani asal Dukuh Geneng Kidul, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Rabu (13/7) mendatangi Polsek Kemalang. Ia diadukan melakukan pencemaran nama baik oleh kepala sekolah (Kepsek) SDN 1 Tegalmulyo lantaran dugaan kasus pemotongan dana Program Indonesia Pintar (PIP).
“Dapat undangan untuk klarifikasi laporan pemotongan dana PIP. Ditanya soal pemotongan, ditanya kenal Pak Ganjar atau tidak. Ya saya jawab enggak kenal,” ujar Yatmo usai pemeriksaan.
Petani yang juga tergabung dalam Komunitas Masyarakat Pemantau Kemalang itu, mengaku tidak kaget terhadap undangan klarifikasi dari kepolisian. Sebab, sebelumnya dia didatangi Sang Kepsek dan diancam akan dilaporkan karena pencemaran nama baik.
“Tanggal 1 Juli Pak Kepsek (Ganjar) datang ke rumah saya bersama seorang komite sekolah. Mereka marah-marah akan melaporkan pencemaran nama baik. Ya saya jawab silakan saja,” bebernya.
Yatmo mengaku menerima informasi pemotongan dana program yang diluncurkan Presiden Joko Widodo itu dari seorang tetangganya sebagai penerima dana PIP. Alasan pemotongan dana itu untuk biaya pavingisasi sekolah dan pemerataan terhadap siswa yang tidak mendapat dana PIP.
“Tetangga saya ada keluarganya sebagai penerima dana PIP. Dia cerita dana sebesar Rp 450 ribu dipotong Rp 60 ribu. Sedangkan penerima dana PIP sebesar Rp 250.000 dipotong Rp 35 ribu,” ungkapnya.
Sementara, sejumlah pegiat Forum Masyarakat Peduli Pendidikan Klaten (Formas Pepak) juga terlihat mendampingi pemanggilan Yatmo di Mapolsek Kemalang. Hal itu sebagai dukungan moral terhadap Yatmo yang berani bersuara terhadap pemotongan program yang diluncurkan setelah program Bantuan Siswa Miskin (BSM) di era Presiden Jokowi.
Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge