0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPU Solo Kembalikan Sisa Anggaran Pilkada Rp 3,6 Miliar

Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo mengembalikan sisa anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 senilai Rp 3,6 miliar kepada Pemkot Solo. Sisa anggaran tersebut berasal dari total dana yang dialokasikan untuk Pilkada 2015, sebesar Rp 13,6 miliar.

“Sisanya sebesar Rp 3,6 miliar. Sudah kami kembalikan ke Pemkot,” terang Ketua KPU Kota Solo Agus Sulistyo, baru-baru ini.

Dikatakan, dana tersebut wajib dikembalikan lantaran bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Apabila anggaran program Pemkot harus terserap habis, maka anggaran sisa Pilkada harus dikembalikan.

“Anggaran sisa tersebut sebenarnya dialokasikan untuk beberapa keperluan selama Pilkada. Namun tak seutuhnya terserap,” ungkap Agus.

Dijelaskan, KPU menganggarkan untuk lima pasangan calon dan dua calon independen. Sedangkan, dalam Pilkada lalu hanya terdapat dua pasangan calon yang mendaftar. Praktis, ada anggaran yang tersisa cukup banyak. Sumber sisa dana lainnya adalah dari anggaran sengketa hingga keperluan tes kesehatan. Anggaran yang kemudian tak dapat terserap lainnya, lantaran adanya beberapa kegiatan yang tidak dibiayai di awal proses Pilkada Solo 2015.

“Akhirnya kan tidak digunakan. Otomatis anggaran pencalonan masih tersisa.” terangnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge