0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tips Untuk Membuat Anak Aktif di Luar Ruangan

dok.timlo.net/rori
Dua anak tengah bermain layang-layang di Lapangan Desa Sribit, Kecamatan Delanggu, Klaten (dok.timlo.net/rori)

Timlo.net—Kebanyakan orang tua mengeluhkan anak mereka yang menghabiskan waktu bermalas-malasan di sofa sembari menonton TV atau asyik bermain komputer, tablet atau smartphone. Berbagai perangkat digital dan hiburan di dalam ruangan berarti anak-anak menghabiskan lebih sedikit waktu untuk bermain di luar ruangan dan aktif bergerak.

Para orang tua kuatir jika kebiasaan anak mereka pada akhirnya mempengaruhi kesehatan mereka. Rupanya kekuatiran yang sama juga dirasakan para ahli. Mereka kuatir jika situasi ini membuat hubungan anak dengan alam berkurang dan akhirnya mempengaruhi kesehatan fisik mereka serta kesehatan spiritual mereka.

Berikut ini beberapa ide untuk membuat anak-anak aktif bermain di luar:

-Jika Anda tinggal di kawasan pinggiran kota, halaman di belakang rumah bisa digunakan. Dorong anak untuk menjelajahi halaman itu. Adakan acara berkemah di sekitar rumah bersama keluarga. Atau Anda bisa mengajak anak bermain di taman, dan menjalin koneksi dengan binatang di sekitar taman misalnya burung dengan memberi mereka makan.

-Ada banyak situs yang menawarkan permainan geocahing. Game ini mirip dengan game yang populer saat ini, Pokemon Go. Bedanya dalam game-game geocaching, anak-anak diajak berburu hal-hal yang berbeda, misalnya ada permainan di mana mereka berburu harta karun keluarga di luar rumah.

-National Wildlife Federation (NWF) menyarankan untuk memperkenalkan anak-anak dengan alam perlahan-lahan, terutama untuk anak yang jarang bermain di luar. Mulailah dengan mengajak anak menghabiskan waktu di alam satu jam per hari. Misalnya Anda bisa mengajak anak mengamati burung-burung yang ada di sekitar rumah. Minta mereka menjelaskan apa saja jenis burung itu. Juga ajak anak mengamati jenis tanaman dan bunga yang berbeda yang ada di sekitar.

-Kegiatan seperti berkebun bisa menolong anak berhubungan dengan alam. Minta anak menolong menanam Anda menanam tanaman atau bunga. Dan minta mereka membantu menyirami tanaman dan bunga yang ada di kebun.

Ada banyak organisasi yang menawarkan berbagai ide penuh dengan kegiatan permainan dan petualangan di luar ruangan. Informasi seperti ini bisa dicari di internet. Hal ini bahkan bisa dipakai untuk mendorong anak-anak Anda yang melek teknologi untuk mencari sendiri ide-ide seperti ini dan mencoba melakukannya.

Sumber: KidsHealth.org

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge