0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diminati Pemudik, Produksi Jenang Kedunggudel Naik 100 Persen

Aktifitas salah satu rumah pembuat jenang dodol di Dusun Kedunggudel (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Libur lebaran yang cukup panjang berdampak positif kepada dunia Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Selama liburan penjualan di sentra produksi pembuatan Jenang Dodol dan Krasikan di Desa Kenep, Kecamatan Sukoharjo ini meningkat hingga 100 persen.

“ Selama liburan kali ini kita harus menambah stok barang hingga 100 persen, kalau hari-hari biasa hanya membuat maksimal 50 kilo gram. Kalau lebaran ini mencapai 100 kilo gram,” kata salah satau pengusaha jenang, Supono, Selasa (12/7).

Selain menambah stok barang, para pengusaha ini juga menambah jumlah pekerja selama liburan lebaran dari biasnaya hanya tiga, menjadi lima orang. Meskipun pasaran cukup ramai, namun pihak pengusaha tidak menaikan harga jual jenang yang cukup diminati para pemudik.

Dengan harga jual antara Rp 7 Ribu hingga Rp 20 Ribu per potong, aneka jenang produk asli Dusun Kedunggudel ini cukup diminati pemudik. Mereka datang dari berbagai daerah sengaja membeli untuk buah tsangan saat mereka kembali ke berbagai kota seperti, Jakarta, Bandung, Bogor dan kota besar lainnya.

“Kalau di kota makanan seperti ini jarang dan sangat istimewa, jadi kita bela-belain ke sini karena setahu kami dari internet merupakan sentra pembuat jenang dodol dan krasikan. Selain itu, harganya juga tidak terlalu mahal,” tandas salah satu pembeli dari Jakarta, Yunita.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge