0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kodim Sukoharjo Buka Peluang Penyerapan Gabah Lintas Daerah

dok.timlo.net/putra kurniawan
Dandim 0726/ Sukoharjo, Letkol Inf Taufan Widiyantoro (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Kodim 0726/Sukoharjo membuka peluang Gudang Bulog di daerah lain untuk menyerap gabah petani dari Sukoharjo. Hal ini dikarenakan target pencapaian Tim Sergap Sukoharjo sudah terpenuhi, sedangkan hasil pendekatan kepada petani menunjukkan masih banyak petani yang ingin menyalurkan gabahnya ke Bulog.

“Target kita sudah terpenuhi dan gudang bulog juga sudah overload, jadi kita membuka lebar peluang jika ada daerah lain yang ingin mengambil gabah dari kita. Karena sangat disayangkan jika nantinya petani kembali menjual gabahnya ke tengkulak,” kata Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Taufan Widiyantoro, Selasa (12/7).

Dijelaskan, terobosan ini untuk menjaga konsistensi para petani agar tidak menjual hasil panen mereka kepada tengkulak yang selama ini sudah cukup baik. Selain itu, di seluruh eks Karesidenan Surakarta, hanya Sukoharjo yang sudah terpenuhi targetnya, sedangkan daerah lain masih banyak yang kurang.

Terkait regulasi yang mengatur penyerapan gabah lintas daerah bisa atau tidak, pihaknya masih melakukan pengkajian dan konsultasi. Namun pada prinsipnya, ditegaskan, kebijakan ini untuk membantu petani dan juga untuk memenuhi target penyerapan gabah Bulog dari petani.

“Nanti untuk urusan aturannya bisalah dibicarakan, karena tujuan kita baik dan yang terpenting ini para petani sudah cukup tinggi kesadarannya untuk menyalurkan hasil panennya ke Bulog. Jadi jangan samapi karena gudang penuh mereka kembali menjual ketengkulak,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge