0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ditinggal Mudik, Lima Rumah Warga Dibobol Maling

dok.timlo.net/heru murdhani
Petugas menunjukkan foto olah kejadian perkara pencurian (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Ditinggal mudik Lebaran, lima rumah di Kecamatan Laweyan, Solo dibobol maling. Informasi yang dihimpun sejak tanggal 30 Juni lalu, sebanyak delapan orang melaporkan kasus pencurian sepeda motor, penganiayaan dan pembobolan rumah.

“Yang paling menonjol adalah pembobolan rumah kosong, diantaranya terjadi di Bumi, Purwosari dan Mayang. Sedangkan di kawasan Karangasem terjadi dua pembobolan,” papar Kanit Reskrim Polsek Laweyan, AKP Sajimin mewakili Kapolsek Laweyan, Kompol Agus Puryadi, Selasa (12/7).

Dari sejumlah kasus yang masuk, belum ada kasus yang terselesaikan, hal ini dikarenakan penyelidikan terkendala barang bukti dan saksi. Dikatakan pihaknya menduga bahwa pembobolan ini dilakukan oleh komplotan pencuri yang berjumlah lebih dari dua orang.

Modusnya kebanyakan dengan merusak gembok pintu pagar dan mencongkel pintu depan rumah. Kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Hal ini mengingat banyaknya jumlah korban, dan barang yang digondol maling.

“Berbagai macam barang elektronik, uang dan perhiasan berhasil dibawa kabur,” kata dia.

Dirinya mengimbau kepada para warga jika meninggalkan rumah, alangkah baiknya dititipkan kepada tetangga. Selain itu juga melakukan pemasangan CCTV untuk pengamanan.

“CCTV dipasang di kampung-kampung bagus juga, karena memang bisa untuk mengantisipasi pencuri masuk, selain itu bisa untuk mempermudah pelacakan. Lebih baik lagi kalau pergi dititipkan tetangga, atau menggembok pintu di dalam gerbang. Sebab jika digembok diluar gerbang, itu bisa jadi tanda bagi pencuri, kalau rumah dalam kondisi kosong,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge