0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anggota DPR Ini Usulkan Tiga Poin Penanganan Terorisme

dok.timlo.net/putra kurniawan
Anggota Komisi III DPR RI, Muhammad Toha (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKB Mohammad Toha angkat suara menyikapi aksi bom bunuh diri di Mapolresta Solo, belum lama ini. Sedikitnya ada tiga hal yang harus dilakukan untuk mencegah kembali terjadinya aksi teror di Tanah Air.

“Menurut saya, ada tiga hal penting yang harus dilakukan untuk mencegah aksi teror ini agar tidak terulang. Penambahan kuantitas Babinkamtibmas, penguatan personel Polri dan deradikalisasi kepada pihak yang dinilai berpotensi,” kata Mohammad Toha, di Sukoharjo, Selasa (12/7).

Dengan penambahan jumlah Bhayangkara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) minimal satu desa satu orang, dapat mendeteksi dini tindakan terorisme. Selain itu, dengan penguatan personel Polri dinilai hal yang sangat utama dalam memberantas teroris.

Tidak hanya itu, kalau sebelumnya program deradikalisasi dilakukan kepada pelaku dan mantan pelaku yang saat ini sudah berhasil ditangkap, harus dilakukan perubahan. Ke depan harus dilakukan juga deradikalisasi kepada pihak-pihak yang berpotensi melakukan tindakan teror.

“Mestinya bisa dicegah sejak dini di lingkungan masyarakat masing-masing, dan siapa saja yang berpotensi sehaarusnya sudah bisa diketahui oleh warga setempat. Dan program deradikalisasi bisa diterapkan kepada mereka yang masih dalam tahap berpotensi hasil pantaun masyarakat,” tandasnya

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge