0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panja Komisi III DPR Mulai Bahas RUU Terorisme

dok.timlo.net/putra kurniawan
Anggota Komisi III DPR RI, Muhammad Toha (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Pekan ini, Rancangan Undang-Undang (RUU) Terorisme dibahas dalam Panitia Kerja (Panja) DPR, setelah sebelumnya dibahasa bersama sejumlah elemen masyarakat. Dalam RUU Terorisme ini akan difokuskan pada pencegahan.

“Habis Lebaran ini kita mulai bahas RUU Terorisme ini di Panja Komisi III DPR RI, dan penekanan untuk pembahasan nantinya adalah lebih kepada tindakan pencegahan bukan penanganan setelah kejadian,” kata Anggota Komisi III DPR, Muhammad Toha, Selasa (12/7).

Sebelum dilakukan pembahasan di tingkat Panja, Komisi III DPR sudah mengundang sejumlah elemen masyarakat yang berkompeten dengan terorisme. Sejumlah tokoh agama, LSM, praktisi hukum, pihak kepolisian dan aktivis HAM didatangkan untuk memberikan masukan terkait RUU Terorisme ini.

Dengan memfokuskan kepada tindakan pencegahan, pihak DPR mengakaui adanya sjeumlah penolakan dari sejumlah kalangan masyarakat. Dikhawatirkan dengan UU Terorime ini akan membatasi ruang gerak masyarakat dan sangat berpotensi terjadi pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

“Memang ada sejumlah penolakan atau tentangan dalam pembahasan RUU Terorisme ini, namun kita tetap fokus pada pencegahan, kalau selama ini kita tidak bisa berbuat apa-apa sebelum ada kejadian. Dan itu mengakibatkan aksi terorisme kembali terulang,” tandasnya

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge