0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sudah 600 Cama UNS Ajukan Sanggahan UKT

Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi MS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Hingga saat ini tercatat sekitar 600 calon mahasiswa (Cama) Universitas Sebelas Maret (UNS) di antara yang telah diterima Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2016 mengajukan sanggahan terhadap uang kuliah tunggal (UKT). Padahal masih satu hari lagi kesempatan untuk melakukan sanggahan. Kesempatan untuk melakukan sanggahan bagi Cama UNS tanggal 11 – 13 Juli 2016.

“UNS memfasilitasi mahasiswa baru untuk menyampaikan sanggahan dengan mengkoreksi jumlah UKT yang telah ditetapkan,” jelas Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi MS kepada wartawan sesuai acara Halal Bihalal Keluarga Besar UNS, Kampus UNS, Kentingan, Jebres, Solo, Selasa (12/7).

Prof Ravik mengatakan, sanggahan merupakan bagian dari keterbukaan UNS kepada masyarakat terhadap ketentuan UKT. Padahal UKT ditetapkan oleh daftar isian berdasarkan pernyataan masing-masing calon pendaftar.

“Kenyataannya banyak mereka malu mengaku orang tuanya miskin. Ternyata ketika UKT diumumkan mereka kaget,” ujar Rektor.

Namun demikian, lanjut Ravik, untuk dipahami oleh masyarakat bahwa tidak semua ajuan akan dikabulkan. UNS hanya akan memverifikasi apakah data yang dimasukkan atau diisikan oleh para calon mahasiswa benar atau tidak.

“Keputusan negara melalui Kementerian Ristekdikti memberikan kesempatan yang mempunyai kelebihan membayarkan sesuai kemampuan. Begitu pula sebaliknya tidak mampu akan dimungkinkan diberikan kebebasan,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge