0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mau Pensiun, Kapolri Jenderal Badrodin Banjir Penghargaan

dok.merdeka.com
Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti segera memasuki masa pensiun. Posisinya sebagai Kapolri nanti akan digantikan Komjen Pol Tito Karnavian.

Jelang akhir masa jabatannya, sejumlah penghargaan diterima mantan Wakapolri itu. Salah satunya anugerah Medali ‘The Distinguished Service Order’ (DSO) dari Presiden Singapura HE Tony Tan Keng Yam.

Penganugerahan diberikan kepada Jenderal Badrodin langsung oleh Presiden Singapura HE Tony Tan Keng Yam, di Istana Singapura, Senin (11/7) kemarin.

Menurut Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Martinus Sitompul, anugerah tersebut diberikan Pemerintah Singapura karena Jenderal Badrodin dinilai mampu meningkatkan kerja sama bilateral yang baik antara Polri dan Kepolisian Singapura.

“Penghargaan diberikan karena Kapolri dinilai mampu membina hubungan baik dengan Kepolisian Singapura,” kata Kombes Pol Martinus Sitompul, di Mabes Polri, kemarin.

Dalam acara tersebut, Kapolri didampingi oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Tito Karnavian, Kepala Divisi TI Polri Irjen Pol Machfud Arifin, Koordinator Staf Pribadi Pimpinan Kombes Pol Dadang dan Asisten Sarana dan Prasarana Kapolri Irjen Pol Happy Kartika.

Sebelumnya, penghargaan juga diberikan oleh TNI kepada Jenderal Badrodin. Penghargaan langsung diberikan oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Jenderal Gatot memberikan tanda kehormatan Bintang Yudha Dharma Utama dan Bintang Utama Angkatan kepada Jenderal Badrodin Haiti. Total empat penghargaan yang diterima Jenderal Badrodin Haiti yakni dari Panglima dan tiga Kesatuan TNI (TNI AU, TNI AL dan TNI AD).

“Ini pertama kali Kapolri mendapat penghargaan dari TNI atas jasa-jasanya dalam pembangunan,” kata Jenderal Gatot di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (1/7) lalu.

Gatot menuturkan, penghargaan ini juga diberikan sebagai bentuk solidaritas antara Polri dengan TNI dalam melaksanakan tugas sehari-hari maupun operasi militer.

“Saya hanya melaksanakan saja perintah presiden dalam menyerahkan tanda jasa. Tentu satu kebahagiaan kita. Ini juga berkaitan bertepatan HUT Bhayangkara ke-70. Jadi ini satu hal yang luar biasa yang saya atas nama TNI dan seluruh prajurit TNI yang bertugas di mana saja mengucapkan selamat ulang tahun ke-70 semoga ke depan semakin sukses,” ujarnya.

Mendapat penghargaan dari TNI, Jenderal Badrodin Haiti mengaku bersyukur dan haru bahagia. Sebuah kehormatan bagi Badrodin mendapat penghargaan dari Panglima TNI dan kepala staf angkatan.

“Ya saya hari ini merasa bahagia dan bersyukur dapat satu anugerah penghargaan dari Presiden Republik Indonesia (Jokowi) melalui Panglima TNI, KASAD, KASAL, KASAU. Ini merupakan wujud penghargaan untuk Kapolri,” kata Badrodin.

Badrodin mengungkapkan, penghargaan yang diterimanya juga milik seluruh prajurit Polri. Sebab, para prajurit Polri sudah bekerja sama cukup baik dan saling bantu dalam pelaksanaan tugas dengan TNI.

“Karena kita bekerja sama cukup baik saling membantu satu sama lain, baik penugasan operasi termasuk pembinaan personel maupun kegiatan sehari-hari. Sehingga tercipta hubungan yang harmonis sampai ke tingkat bawah,” ujarnya.

“Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Panglima TNI, KASAD, KSAL dan KSAU. Mudah-mudahan kondisi ini membuat hubungan kerja sama TNI-Polri seterusnya bisa dipertahankan dan tingkatkan,” tutupnya. [dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge