0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Erupsi Gunung Bromo, Bandara Abdulrachman Saleh Ditutup

Bandara Abdul Rachman Saleh (merdeka.com)

Timlo.net — Penumpang pesawat dari Bandara Abdulrachman Saleh Malang Jawa Timur tujuan Jakarta dialihkan ke Bandara Internasional Juanda Surabaya. Langkah ini diambil menyusul ditutupnya bandara Abdulrachman Saleh akibat erupsi Gunung Bromo.

Humas PT Angkasa Pura I Juanda Surabaya Liza Anindya menuturkan, ada tiga maskapai penerbangan yang mengajukan pengalihan penerbangan.

“Tiga maskapai yang mengajukan pengalihan penerbangan tersebut masing-masing Garuda Indonesia, Sriwijaya Air dan juga Citilink yang mengalihkan penerbangannya ke Surabaya,” katanya, Senin (11/7).

Penerbangan dialihkan ke Bandara Juanda karena paling dekat dengan Bandara Abdulrachman Saleh Malang.

“Karena jaraknya paling dekat membuat pengalihan penerbangannya dilakukan ke Juanda, bukan ke bandara lainnya,” katanya.

Sesuai dengan notam atau Notice to Airmen yang diterima Bandara Internasional Juanda penutupan bandara tersebut berlangsung sejak pukul 11.00 WIB sampai dengan Minggu (12/7) pukul 09.00 WIB.

“Namun demikian, kami tidak tahu apakah ‘Notam’ tersebut akan statusnya akan diperpanjang atau tidak, tetapi kami akan mengikuti regulasi yang ada karena hal itu menyangkut keselamatan penerbangan,” katanya.

Untuk penumpang yang sudah diturunkan di Bandara Internasional Juanda selanjutnya akan diberangkatkan menuju ke Malang menggunakan jalur darat dengan menaiki bus.

“Seluruh penumpang yang turun di Juanda akan dinaikkan bus menuju ke Malang sesuai dengan tujuan awal,” katanya.

Erupsi Gunung Bromo Jawa Timur membawa abu vulkanik ke arah Barat-Barat Daya yang menyebabkan Bandara Abdulrachman Saleh Malang ditutup sejak pukul 11.00 WIB sampai dengan Selasa (12/7) pukul 09.00 WIB.

Akibat penutupan ini, sejumlah jadwal penerbangan dari Jakarta ke Malang terpaksa harus dialihkan ke Bandara Internasional Juanda Surabaya.

[noe]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge