0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyak Korban Akibat Macet, Pemerintah Diminta Tanggung Jawab

Exit tol Brebes macet (merdeka.com)

Timlo.net – Belasan orang meninggal dunia saat perjalanan mudik lebaran kemarin. Pemerintah diminta bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Ada tiga institusi yang harus bertanggung jawab, yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera), Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT), dan Polri.

“Ya tiga institusi yang saya sebut inilah sebenarnya yang harus bertanggung jawab. Karena ini harus bekerjasama. Pengalihan arus kalau polisi tidak memberikan izin kan tidak mungkin atau menindak pelanggar juga tidak mungkin,” kata Anggota Komisi V DPR, Nizar Zahro, Senin (11/7).

Politikus Partai Gerindra ini mengungkapkan peristiwa yang menelan korban jiwa tersebut terjadi dengan kompleks. Satu sisi, masyarakat mempunyai harapan dengan diresmikannya Tol Cipali, dari Jakarta ke Jawa Tengah khususnya Brebes karena diperkirakan memakan waktu 3,5 jam.

“Tapi lupa di Tol Brexit infrastruktur arteri nasional kita itu tidak siap, arteri nasional terdiri dari nasional, provinsi, dan kabupaten. Setelah tol exit Brebes itu ada persimpangan jalan pertemuan antara jalur utara dengan jalur selatan, sehingga titik kumpulnya di situ,” tuturnya.

Dia juga menyayangkan, tidak ada Polri atau tim lapangan yang mengalihkan arus ke Brebes Barat yang menurutnya lengang. Ditambah lagi banyak fasilitas SPBU dan lampu di jalanan itu tidak beroperasi.

“Menurut saya tiga lembaga inilah yang harus bertanggung jawab dan tidak boleh saling salah menyalahkan,” ujarnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Kementerian Kesehatan menyatakan penyebab meninggalnya 17 pemudik dalam perjalanan pulang ke kampung halaman melalui jalur Brebes, Jawa Tengah, bukan disebabkan kemacetan. Berdasarkan laporan yang diterima Dinas Kesehatan Daerah, meninggalnya pemudik tersebut terjadi dalam tiga hari sejak 3 hingga 5 Juli 2016, di berbagai tempat dan dengan berbagai faktor risiko.

[lia]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge