0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sampah Menumpuk di Jalur Mudik

Petugas sedang membersihkan sampah (merdeka.com)

Timlo.net – Arus mudik dan arus balik lebaran menyisakan masalah baru di jalur yang dilintasi kendaraan pemudik. Di sejumlah ruas jalur, banyak pemudik membuang sampah sembarangan dalam volume yang cukup besar.

Seperti di jalan arteri Cikampek menuju Jakarta, mulai dari jalur Pantura, hingga sepanjang jalur Cikampek Karawang, sampah berserakan di tengah jalan.

“Iya ini sampah para pemudik, yang dibuang saat melintas dan macet kemarin,” kata salah seorang warga di Klari Karawang, Nandang Kuswara, Senin (11/7).

Kondisi itu sempat membuat warga kesal. Sampah yang menumpuk membuat jalanan kotor dan serta mengeluarkan bau tidak sedap. Rata – rata sampah yang dibuang adalah sampah bekas makanan dan minuman.

Pantauan merdeka.com, warga dan petugas kebersihan Kabupaten Karawang sejak pagi berjibaku untuk membersihkan sampah-sampah di jalanan. Banyaknya sampah juga dimanfaatkan para pemulung mengais rezeki. Mereka memungut sampah terutama plastik untuk dijual.

“Ya kalau buat kita pemulung, lumayan berkah dari macet,” kata salah seorang pemulung Adi Hartadi.

Dikatakan Adi, kondisi serupa bukan kali ini terjadi. Tumpukan sampah yang dibuang para pemudik secara sembarang selalu terjadi di setiap tahunnya.

“Kalau habis arus mudik setiap tahun juga seperti ini,” ujar Adi.

[lia]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge