0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Solo bakal Dilanda Banjir Lagi? Ini Antisipasi BPBD

timlo.net/heru murdhani
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo, Gatot Sutanto (timlo.net/heru murdhani)

Solo — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo telah mengambil langkah antisipasi jika banjir kembali melanda Kota Solo. Antisipasi yang dilakukan, setelah muncul pesan berantai dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait cuaca yang tidak menentu saat ini.

“Saya sudah membaca pesan tersebut, kami juga sudah menyiapkan sejumlah persiapan,” terang Kepala BPBD Kota Solo, Gatot Sutanto, Senin (11/7).

Pihaknya memastikan, kesiapan logistik dapat mengandalkan dari persediaan bantuan banjir yang terjadi pertengahan bulan Juni lalu. Di sisi lain, persiapan personel yang dikerahkan juga telah mumpuni untuk mengatasi masalah banjir.

“Bukannya kita berharap (banjir —Red), melainkan kita mengantisiasi kemungkinan terburuk,” jelas Gatot.

Meski begitu, kesiapan yang dilakukan pihaknya tak akan berarti jika tidak didukung oleh pro aktif warga. Diharapkan, warga segera sadar jika bencana banjir mulai melanda.

Belajar dari peristiwa yang terjadi pertengahan Juni lalu, sejumlah warga masih enggan untuk meninggalkan rumah meski telah tergenang air. Tak hanya itu, warga juga mengungsi ke rumah warga yang lain dengan alasan untuk mengawasi rumahnya yang terendam air.

“Padahal, Pemkot sudah menyiapkan tempat yang represenatif buat para korban banjir. Termasuk penanganan yang layak,” jelasnya.

Maka dari itu, lanjut Gatot, peran pro aktif masyarakat sangat diperlukan. Selain kesiapan dari BPBD Kota Solo yang telah siap jika terjadi musibah banjir.

“Pro aktif warga sangat kita harapkan, dalam mengahadapi musibah yang setiap saat datang mengancam,” kata Gatot.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge