0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jika Tol Cikampek-Jakarta Macet, Begini Cara Mengatasi

Tol jakarta - Cikampek (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Kepadatan arus balik Lebaran diperkirakan bakal terjadi pada Minggu (10/7) malam ini. Kendaraan di Tol Cikampek- Jakarta mulai tampak, seperti di KM 66. Kemacetan diakibatkan pertemuan dari arus kendaraan dari Bandung dan Cipali.

Mengatasi masalah itu, Polda Jawa Barat (Jabar) telah menyiapkan strategi khusus. Kabid Humas Polda Jawa Barat (Jabar) Kombes Yusri Yunus menuturkan, bila terjadi kepadatan, beberapa pintu gerbang tol ke Jakarta rencananya akan dialihkan ke arah selatan dan utara.

“Jadi ini cara kita untuk mengurai, plus nanti ada beberapa pintu gerbang ke Jakarta ini kita alihkan bila terjadi kepadatan kita buang ke arah selatan dan ke utara,” kata Yusri, Minggu (10/7).

Selain mengalihkan gerbang tol, Yusri mengatakan nantinya petugas juga bakal menahan alur kendaraan dari beberapa arah.

“Baik itu dari Majalengka, Purwakarta, juga sama di Karawang nanti menunggu,” ujarnya.

Yusri menambahkan, untuk saat ini Tol Cikampek arah Jakarta mulai mengalami kepadatan. Kemungkinan, titik kumpul kendaraan ada di Tol Cikarang Utama.

Untuk mengantisipasi itu, pemerintah telah menyiapkan kebijakan mengharuskan pihak pengelola tol menggratiskan setiap kendaraan bila kemacetan mengekor mencapai lima kilometer.

“Berdasarkan usulan dari Kakorlantas dan Kapolda Jabar apabila ekor arus Cikarang utama lebih dari lima kilometer maka akan digratiskan,” tandas Yusri.

[ang]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge