0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Final Piala Eropa 2016, Ini Tekad Portugal dan Prancis

Timnas Prancis siap jadi juara Piala Eropa 2016 (dok.timlo.net/gg)

Timlo.net — Akhirnya gelaran Piala Eropa 2016 memasuki partai puncak. Tuan rumah Prancis akan bertemu Portugal di laga final yang akan digelar di Stade de France, Senin (11/7) dinihari besok. Baik Prancis maupun Portugal mengusung misi berbeda dalam memburu trofi Henry Delaunay ini.

Portugal memiliki ambisi mengincar gelar pertamanya di ajang Piala Eropa. Portugal nyaris juara di rumah sendiri pada tahun 2004 silam. Namun kandas di tangan Yunani pada partai final. Sementara Prancis memburu gelar ketiganya dan ingin mengulang sukses 1984 silam. Kala itu, Michel Platini membawa Prancis menjadi kampiun di rumah sendiri.

Dalam perjalanannya hingga ke fonal, Portugal cukup terseok-seok, dengan nyaris tidak lolos saat menjadi peringkat ketiga di Grup F, namun di babak knockout mereka sukses menaklukan Kroasia, Polandia, dan terakhir Wales sehingga mereka berhak memperebutkan satu tiket ke Final.

Sementara jalan Prancis menuju final lebih mulus. Tim besutan Didier Deschamps ini keluar sebagai juara Grup A, dan mereka tampil perkasa di babak knockout dengan mengalahkan Republik Irlandia, Membantai Islandia, dan terakhir mengalahkan unggulan juara Jerman di babak semi final.

Pada partai final ini, Portugal akan berusaha untuk menghapus catatan buruk saat jumpa kubu Les Bleus. Pasalnya selama 16 tahun terakhir, mereka tidak sekalipun menang atas tuan rumah Euro 2016 ini. Pada partai uji coba terakhir mereka di tahun 2015, mereka tumbang 1-0.

Pada laga ini, pelatih Fernando Santos tidak memiliki masalah cedera yang berarti. Satu-satunya kondisi pemain yang kurang fit jelang laga ini adalah Pepe yang harus absen di babak semi final yang lalu, namun baru-baru ini dikabarkan bek berkepala plontos itu sudah bisa dimainkan pada laga final nanti. Berkat penghapusan hukuman kartu di babak final, Fernando Santos bisa menurunkan skuat terkuatnya pada laga ini.

Duet Cristiano Ronaldo dan Luis Nani dipercaya masih menjadi ujung tombak Portugal pada laga ini, sedangkan Joao Mario, William Carvalho dan wonderkid Renato Sanches akan dipercaya untuk mengatur tempo serangan. Di lini pertahanan ada Jose Fonte yang siap berduet dengan Pepe untuk mengawal pertahanan Portugal yang gawang mereka masih dijaga Rui Patricio.

Di kubu Prancis, Pelatih Didier Deschamps tidak punya masalah dengan cedera sedikitpun. Semua pasukan Les Bleus berada dalam kondisi prima dan siap untuk memenangkan partai akbar ini. Dengan formasi 4-3-3 andalan mereka, Trisula maut Dmitri Payet, Olivier Giroud, dan Antoine Griezmann masih menjadi tumpuan lini serang Les Bleus pada laga ini.

Di lini tengah ada trio Blaise Matuidi, Paul Pogba, dan Moussa Sissoko untuk mengatur tempo serangan sedangkan Hugo Lloris akan kembali mengawal gawang Prancis yang dijaga oleh duet Laurent Koscielny dan Adil Rami.

Perkiraan susunan pemain:
Portugal (4-3-1-2): Patricio; Guerreiro, Fonte, Pepe, Soares; Mario, Carvalho, Sanches; Silva; Ronaldo, Nani

Prancis (4-3-3): Lloris; Evra, Koscielny, Rami, Sagna; Matuidi, Pogba, Sissoko; Payet, Griezmann, Giroud

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge